Saran Kesehatan | KESEHATAN | 1 month ago
5 Tips Agar Tetap Konsisten Menerapkan Gaya Hidup Sehat
Menjalankan gaya hidup sehat bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada tantangan utama yang sering dihadapi oleh praktisi hidup sehat, yaitu masalah konsistensi.
30 October 2019 13:52
Text by Astri Suciati

Menjalankan gaya hidup sehat bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada tantangan utama yang sering dihadapi oleh praktisi hidup sehat, yaitu masalah konsistensi. Tak sedikit orang yang menjalankan gaya hidup sehat secara musiman, hanya semangat di awal dan pada akhirnya kembali lagi ke gaya hidup yang lama. Pernah ada yang bilang: Musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. That’s true. Masalah konsistensi biasanya datang dari diri sendiri.

Salah satu masalah yang timbul dari diri sendiri dan bisa mempengaruhi konsistensi adalah kemalasan. Misalnya saja malas olahraga, malas belanja bahan-bahan makanan, malas memasak, malas cari informasi seputar kesehatan. Banyak yang berlindung di balik alasan kesibukan dan menganggap menerapkan gaya hidup sehat menjadi hal yang tidak memungkinkan untuk bisa dilakukan secara konsisten. Padahal jika ada kemauan dan tahu “jalan tikus”-nya, menjalankan gaya hidup sehat secara konsisten bukanlah hal yang mustahil.

Berikut ini adalah 5 tips agar tetap konsisten dalam menjalankan gaya hidup sehat.

Dimulai dari hal yang sederhana

Untuk memulai gaya hidup sehat bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, misalnya saya memperbanyak minum air putih, memperbanyak makan sayur dan buah, atau bisa juga dimulai dari mengurangi minum minuman manis kekinian. Untuk beralih dari gaya hidup yang lama ke yang baru membutuhkan waktu yang tentu saja setiap individu akan memiliki pengalaman yang berbeda. Mengubah sedikit kebiasaan tidak sehat menjadi kebiasaan sehat jauh lebih baik dibandingkan tidak sama sekali.

Olahraga yang sesuai

Untuk bisa konsisten olahraga, tentu saja kita harus mencari olahraga yang cocok dan kita sukai. Siapa bilang olahraga harus dilakukan di gym? Ada orang yang memang lebih nyaman untuk olahraga di gym, tapi jika kita lebih suka olahraga di rumah kenapa tidak? 

Di era teknologi seperti sekarang ini, dengan adanya YouTube kita bisa melakukan yoga, Zumba, maupun HIIT (High Intensity Interval Training) di rumah. Tapi jangan lupa untuk mencari tahu kredibilitas dari channel YouTube yang diikuti ya! Agar olahraga yang dilakukan bisa memberikan manfaat yang maksimal.




Gaya hidup aktif

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak setiap hari kita bisa olahraga, bisa jadi karena ada tugas kuliah yang mendadak maupun ada tugas kantor yang harus segera dikerjakan. Tidak perlu khawatir karena kita masih bisa tetap aktif walaupun tidak sedang olahraga. 

Misalnya saja dengan cara lebih memilih berjalan kaki ke warung makan dibandingkan menggunakan layanan pesan antar, atau melakukan stretching setiap 1 jam sekali dan akan lebih bagus lagi jika meluangkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar di area sekitar kampus atau kantor. Yuk, kita lawan kemalasan!

Sesuaikan budget

Banyak makanan dengan label “sehat” dijual dengan harga yang cukup menguras kantong. Contohnya saja granola, chia seed, dan quinoa. Makanan-makanan tersebut memang menyehatkan, tapi masih banyak makanan sehat yang harganya tidak menguras kantong.




Hal penting yang perlu diperhatikan pada saat memilih makanan adalah kandungan makro dan mikro nutrisinya. Sebelum memutuskan untuk membeli makanan kekinian dengan label “sehat” sebaiknya cari tahu dulu kandungan nutrisi dalam makanan tersebut. Perlu diingat bahwa gaya hidup mengikuti budget, bukan budget yang mengikuti gaya hidup.

Seimbangkan kesehatan fisik dan mental

Kesehatan mental tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Makanan yang digoreng dengan metode deep fried memang tidak baik untuk kesehatan fisik jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Tapi jika memang ingin memberikan “hadiah” berupa ayam goreng tepung kepada diri sendiri setelah seminggu penuh makan makanan sehat dan rutin olahraga, tidak masalah. Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang seimbang, sehat fisik dan juga sehat mental. Be healthy, be happy!


Banyak masyarakat Indonesia yang masih berpikir bahwa gaya hidup sehat itu ribet karena harus masak sendiri, harus pergi ke gym, harus ini harus itu. Yang namanya gaya hidup, tentu saja antara orang yang satu dengan yang lain akan berbeda, termasuk juga gaya hidup sehat. Kunci utama untuk bisa terus konsisten menjalani gaya hidup sehat adalah dengan menemukan gaya hidup sehat yang cocok untuk diri kita sendiri.

----


* Artikel ini adalah kontribusi dari Monica Agustami Kristy, pemilik website "Monica Agustami" dimana ia menulis tentang kecantikan dan gaya hidup sehat. Untuk menjelajah isi blognya, silakan kunjungi website https://www.monicaagustami.com/