Tips Latihan | FITNESS | 6 months ago
5 Tren Fitness Di Tahun 2020
Bersiaplah, karena virtual fitness akan segera mengambil alih tren tahun ini.
11 January 2020 18:55
Text by Astri Suciati

Banyak tren kebugaran datang dan pergi sepanjang tahun 2019. Ada beberapa yang bermanfaat dan layak diikuti, dan beberapa yang seharusnya tidak pernah ada. Berita baiknya adalah bahwa satu dekade baru ada di depan kita, dan itu sudah terlihat sepertinya bisa menjadi tahun yang paling sehat dan paling bahagia bagi kita.

Berkat boomingnya digital fitness, Anda akan bisa berolahraga di mana saja — belum lagi memiliki peralatan dan high-tech wearable paling keren yang dioperasikan hanya dengan ujung jari. Ada juga perubahan fokus yang terjadi: Alih-alih hanya berolahraga untuk mendapatkan perut six-pack, manfaat olahraga untuk kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Berikut adalah tren kebugaran yang bakal Anda lihat di mana-mana di tahun 2020.

Tempat kebugaran all in one

Biasanya, Anda pergi ke beberapa tempat untuk menjaga kesehatan, mulai dari pergi ke gym hingga menjadwalkan janji temu dengan ahli gizi dan dokter Anda. Namun, itu mungkin tidak terjadi di kemudian hari, karena semakin banyak profesional kesehatan bergabung dan bekerja di satu tempat.

Daripada harus pergi ke tempat yang berbeda untuk melatih kebugaran, memeriksakan kesehatan, dan kebutuhan kesehatan lainnya, Anda akan melihat lebih banyak pelatih, ahli diet, ahli terapi fisik, dan dokter yang bekerja bersama di bawah satu atap. Dengan menghilangkan area abu-abu di antara para praktisi ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan hasil yang Anda cari.

Tetap sehat saat bepergian

Jika Anda mengalami kesulitan dalam berolahraga saat sedang bepergian, di tahun 2020 ini akan menjadi lebih mudah karena Anda memiliki lebih banyak peluang tersedia di ponsel Anda. Tuntutan untuk tetap sehat saat sedang dalam perjalanan bakal meningkat — terutama di seputar kebugaran.

Ketika kita semakin sibuk, kita ingin memiliki latihan favorit kita di ponsel dan di ujung jari sehingga kita dapat berolahraga secara konsisten di mana pun kita berada. Serba digital juga membuat boutique fitness lebih mudah diakses dan terjangkau. Anda sekarang memiliki akses ke pelatih top dengan biaya lebih murah daripada mengikuti satu sesi kelas. 

Kebugaran berbasis komunitas

Jauh lebih mudah untuk tetap konsisten dengan program olahraga ketika Anda memiliki komunitas individu yang berpikiran sama di sekitar Anda, dan itulah mengapa kebugaran yang digerakkan oleh komunitas benar-benar akan naik di tahun 2020. Ini menjadi lebih penting dari sebelumnya ketika para wanita mencari koneksi dalam kehidupan modern mereka yang sibuk.

Alih-alih hanya nge-gym sendirian, Anda dapat dengan mudah terhubung dengan orang lain, berkat kemunculan kelas live-stream, check-in selfie saat berkeringat, tantangan media sosial, dan obrolan online dalam aplikasi kebugaran. Memiliki tim yang mendukung Anda dan berempati di titik Anda berada dalam perjalanan fitness membantu membuat hari-hari sulit itu lebih mudah dilalui.

Fitness digital on-demand

Hanya karena studio fitness mulai menjadi virtual bukan berarti streaming di rumah menjadi kurang populer. Tahun ini, bahkan lebih banyak penggemar kebugaran akan dapat mengambil manfaat dari pilihan yang terjangkau. Anda akan terus melihat lebih banyak kelas group fitness online dan lebih banyak aplikasi kebugaran. 

Berolahraga di rumah atau saat bepergian akan terus tumbuh karena lebih banyak orang bekerja dari rumah dan dari jarak jauh dan menginginkan pilihan selain melatih kebugaran dengan pelatih pribadi.

Pelatih virtual

Mungkin menggunakan pelatih pribadi menjadi sesuatu yang tidak memungkinkan di masa lalu mengingat biaya yang sangat tinggi karena sesi one-on-one tersebut. Tetapi jika Anda menggunakan cara virtual dan bekerja dengan pelatih melalui layar gadget Anda, Anda bisa mendapatkan perhatian dan panduan yang sama dengan biaya yang sedikit lebih murah. Bagian besar dari kelanjutan tren fitness digital dan on-demand ini adalah munculnya one-on-one online coaching.