Tips Latihan | FITNESS | 2 weeks ago
5 Tren Lari Di Indonesia Yang Akan Membangkitkan Motivasi Lari Anda
Dengan adanya tren lari di Indonesia saat ini, tentunya menjadikan motivasi lari Anda lebih meningkat.
27 September 2019 19:06
Text by Astri Suciati


Lari adalah olahraga paling umum dan bisa diikuti oleh berbagai kalangan. Apapun jenisnya, entah lari jarak pendek, lari estafet, lari jarak menengah, lari merupakan aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di jalan, gunung, atau treadmill. Meskipun itu tidak berubah dari tahun ke tahun, namun tren lari di Indonesia kerap berubah-ubah. Kami melihat ada 5 tren yang akan menimbulkan motivasi lari Anda, baik motivasi lari pagi, motivasi lari marathon, asal jangan motivasi lari dari kenyataan ya!


Pelari Indonesia

Pelari di Indonesia kini tak hanya didominasi oleh kaum lelaki, tetapi dengan semakin berkembangnya tren lari di Indonesia, maka perempuan pun semakin banyak yang menekuni olahraga lari. Usia pun bukan menjadi halangan untuk berlari, mulai dari rentang usia 25 hingga 55 tahun atau lebih, ini bisa membantu membangkitkan motivasi lari Anda. Anda bisa memulai dengan berlari solo, lari bersama teman, atau dengan kelompok / klub lari lokal. 

Saat Anda mulai bisa memupuk motivasi lari Anda, maka Anda akan terbiasa melakukannya secara rutin. Cobalah targetkan rata-rata jarak lari Anda sejauh 35k per minggu, artinya setiap hari usahakan berlari sejauh 5k. Anda bebas menentukan untuk berlari di pagi, sore atau malam hari di atas jalanan yang rata sebelum Anda mencoba tantangan yang lain seperti trail run.


Aktif di Media Sosial

Seperti yang kita ketahui, media sosial telah ada di mana-mana di hampir setiap elemen kehidupan kita, dan tidak terkecuali olahraga lari. 6 dari 10 orang mengikuti beberapa akun terkait lari di media sosial seperti Facebook untuk berbagai kegiatan lari termasuk komunikasi, penggalangan dana, dan berbagi. Facebook dan Instagram untuk mengikuti orang lain dan mencari inspirasi. Setengah dari mereka suka berbagi pengalaman lomba lari yang mereka ikuti di media sosial.


Fitness Tracker Terbaik

Gunakan produk dan perangkat yang biasa digunakan oleh para pelari, untuk mengukur dan memantau kemajuan dengan menggunakan GPS atau fitness tracker alias pelacak kebugaran. Pilih perangkat fitness tracker terbaik menurut Anda yang mendukung denyut jantung seperti misalnya Fitbit Versa. Memilih fitness tracker terbaik adalah cara yang mudah dan canggih untuk melacak status kebugaran dan meningkatkan motivasi lari Anda. Lebih asyik lagi jika perangkat yang sama juga memiliki fitur untuk menyimpan dan mendengarkan musik, sehingga Anda tak perlu lagi membawa alat pemutar musik portabel tambahan.


Lari Marathon

Bicara tentang lari marathon, half marathon sejauh ini merupakan jarak balapan lari paling populer dengan 2,3 juta orang menyelesaikan half marathon pada 2018 (dan 518.916-nya menyelesaikan full marathon). Sebagai perbandingan, hanya 110.011-nya yang menyelesaikan ultra marathon. Namun, ultra marathon adalah segmen dengan pertumbuhan tercepat. 

Pada tahun 1993, ultra marathon masih merupakan hobi yang agak tidak jelas. Saat ini, tidak jarang kita mendengar referensi ke olahraga ini di berita-berita, atau membaca tentang ultra marathon di berbagai media. Ultra marathon telah memasuki tren yang kian mendominasi dan popularitasnya terus meningkat.


Trail Running

Prediksi kami yang lain adalah bahwa lebih banyak orang akan mulai mengikuti trail running. Begitu banyak event trail run yang kita temui beberapa tahun belakangan ini. Kami melihat ini sebagai salah satu tren utama yang sedang berlangsung dalam dunia lari. Berlari di jalan setapak pegunungan versus di jalan aspal biasa menawarkan begitu banyak keuntungan, seperti tidak ada lalu lintas kendaraan, kualitas udara yang lebih baik, pemandangan indah, dan permukaan jalan yang lebih menantang untuk dilewati daripada jalan aspal. Ini tentu saja menarik lebih banyak peserta.


Jadi begitulah, 5 tren lari di Indonesia yang akan membangkitkan motivasi lari Anda. Semua tren tersebut menarik, dan di balik pertumbuhan yang luar biasa ini, lari tetaplah olahraga yang mudah, sehat, meningkatkan kesadaran lingkungan, dan, yah, lari itu keren!

Untuk mendukung motivasi lari Anda, berikut kami berikan 3 rekomendasi sepatu lari terbaik:


League Valiant 


League Valiant merupakan running shoes berbahan Translucent Single Mesh yang didesain sporty dengan round toe, detail neat stitching & eyelets, dan heel 4mm sehingga dapat membantu gerakan lari Anda jadi lebih natural. Terdapat juga DuaRide, sebuah dynamic cushion yang memberikan kenyamanan ekstra juga kestabilan di saat transisi pergerakan kaki. Bantalan ini juga dirancang untuk memberi kenyamanan pada kaki.

Lihat produk ini di Blibli

Lihat produk ini di Bukalapak


New Balance Fresh Foam Zante Pursuit


Fresh Foam Zante Pursuit dari New Balance dirancang untuk terasa lebih ringan dan lebih cepat dengan HypoKnit upper yang menawarkan kenyamanan luar biasa di atas midsole Fresh Foam berukir laser untuk dukungan mewah namun ringan.

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Lazada


Hoka One One Clifton 5


Clifton 5 ringan, nyaman dan sangat cepat. Sepatu ini juga memiliki upper dari rajutan yang nyaman. Knit upper ini menawarkan dukungan dan fleksibilitas yang Anda butuhkan. Ukuran yang pas dan ringan akan menempel sempurna di kaki Anda. Hoka One One Clifton 5 mempertahankan geometri midsole Hoka One One yang terkenal dan balutan busa terpercaya untuk membantu memberikan bantalan yang konsisten selama masa pakai sepatu. Dikombinasikan dengan bagian kaki depan yang lembut dan adaptif, memberikan pengalaman lari yang mulus.

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Lazada