Atlet | INTERVIEW | 3 months ago
Dunia Berjuta Warna Ala Aulion Sang Content Creator
Konten penuh warna nan imajinatif dan kreatif menjadi ciri khas kreator konten yang satu ini. Aulion berbagi cerita seputar dirinya, karya-karya dan ide gilanya yang selalu ditunggu penonton setianya.
28 March 2020 20:54
Text by Astri Suciati

Menjelajahi kreasi konten Aulion, salah satu content creator yang aktif di YouTube dan Instagram ini bagaikan masuk ke dunia Lego yang penuh warna dan fantasi. Warna-warni cerah yang senantiasa menghiasi tiap karyanya membuatnya tampak hidup, bahkan sebuah postingan foto yang terlihat biasa pun menjadi luar biasa dan sarat cerita.

Pemilik nama lengkap Aulia Rizsa Wirizqi ini juga jago membuat video stop motion, yaitu sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Gaya kontennya yang colourful dan fun ini sudah pasti menyedot perhatian banyak mata audiens di dunia maya.

Dengan followers lebih dari 550 ribu di Instagram dan video-videonya di YouTube yang sudah ditonton sekitar 56,2 juta views, Aulion layak mendapatkan Silver Play Button dari YouTube. Bagaimana sih awalnya ia terjun ke ranah pembuatan konten dan seperti apa ia menjalani dunianya? Simak yuk dalam obrolan dengan cowok berkacamata ini.


Kapan dan bagaimana kamu mulai aktif di media sosial dan apa yang memotivasi kamu saat itu?

Mulai bikin video sejak SD kelas 3, karena udah tertarik dalam dunia pervideoan. Tapi saat itu teknologi belum canggih-canggih banget, jadinya kalo mau share karya sendiri harus nunjukin di device-nya. Karena dari dulu mikir ngerasa percuma kalo udah bikin video tapi gak di-share, jadinya aku share ke temen terdekat dan keluarga. 

Setelah mulai eksis handphone, mulai kirim-kirim video pake bluetooth dan infrared. Saat tahun 2007 / 2008 udah mulai eksis yang namanya YouTube, jadinya aku mulai share video di sana. Karena aku ngerasain dulu dikit banget konten kreator YouTube, jadinya aku pengen banget ngajak temen-temen yang lain ikut berkarya di YouTube. Alhamdulillahnya seiring perkembangan teknologi, sekarang jadi banyak yang berkarya positif di YouTube.


Siapa mayoritas audiens kamu dan menurutmu apa yang membuat mereka balik lagi ke kontenmu / setia menantikan postinganmu?

Mayoritas sebenernya cewek, tapi gak dikit juga cowok-cowok yang nonton. Kalo dari umur cukup beragam, ada yang masih sekolah sampai ada yang udah kerja. Mungkin karena kontenku selalu berbeda dan surprise, jadinya mereka setia nontonin videoku. 

Karena aku sendiri juga gak suka bikin video yang biasa-biasa aja, harus ada wow factor yang bisa menginspirasi penonton. Ada yang pernah bilang kalo mereka suka sama visual yang aku buat, sangat colourful, jadi lebih seru.


Seperti apa sih aktivitas sehari-hari kamu?

Mostly berhubungan dengan komputer untuk belajar, ngedit, internet surfing, gali informasi, segala macem. Kalo bosan, sesekali main piano atau nonton bioskop.



"Kita butuh mencatat ide yang terlintas, jadi kalo mentok ide, bisa lihat catatan ide untuk inspirasi."


Pernah kehabisan ide untuk kontenmu? Apa yang kamu lakukan saat sedang buntu?  

Pernah banget, kalo lagi buntu, aku gak paksain untuk lanjut. Aku rasa otak butuh istirahat, jadi biar fresh lagi untuk mikirin ide. Inilah kenapa kita butuh mencatat ide yang terlintas (kalo kepikiran hal-hal baru, langsung tulis), jadi kalo mentok ide, bisa lihat catatan ide untuk inspirasi.

 

Siapa tokoh influencer yang mempengaruhimu sejak dulu hingga kini dan kenapa?

Joe Penna, OK GO, Jon Cozart. Mereka selalu bikin konten yang colourful, selalu berbeda dan wow banget pokoknya. Kreatif banget!


Ngomong-ngomong influencer, apakah kamu menganggap dirimu sebagai influencer? Kalau ya, apa artinya itu buat kamu?

Tidak, kalo menurutku, label influencer itu diciptakan orang lain, bukan dari diri sendiri. Kalo aku selalu cap diriku sebagai konten kreator yang menyampaikan pesan melalui karyanya. Jadi misalnya ada pesan yang ingin aku sampaikan, aku kemas dengan caraku sendiri dengan semenarik mungkin.