Atlet | INTERVIEW | 2 weeks ago
Ika Rovika: Menjajaki Dunia Model Bermula Dari Ketidaksengajaan
Model cantik yang satu ini mengawali karirnya di modeling dari ketidaksengajaan. Ika Rovika memang belum cukup lama menekuni dunia model namun sosoknya sudah banyak wira-wiri di panggung runway tanah air.
26 September 2019 15:25
Text by Astri Suciati


Ika Rovika Sari Sanap adalah salah satu model Indonesia yang tergolong masih baru di dunia permodelan. Mengawali karir modelingnya tanpa sengaja, justru membuat Ika makin pede memantapkan dirinya di bidang yang menjadikan dirinya mulai dikenal di kalangan desainer dan fashionista. Wajahnya yang manis dari segala sudut membuatnya tampak tak membosankan di setiap hasil jepretan kamera.

Perempuan kelahiran Manado, 23 tahun silam ini memiliki tinggi 178 cm dengan berat 52 kg yang membuat postur tubuhnya proporsional dan ramping tanpa terlihat terlalu skinny layaknya kebanyakan model. Di sela-sela kesibukannya, lulusan S1 Art and Design dari Binus Northumbria University ini gemar travelling, baca buku, wisata kuliner dan nonton film. Penyuka sop kacang merah dan jus mangga ini bercerita tentang perjalanan karirnya dan pemikirannya seputar dunia model.

 

Bisa diceritakan sejak kapan dan bagaimana awal mula terjun ke dunia modeling?

Awal mula aku terjun di dunia modeling adalah di tahun 2016 dan di-scout oleh owner agency dari JCM. Jadi aku lagi jalan-jalan bareng temen aku di suatu mall Jakarta dan tiba-tiba disamperin dan owner-nya tertarik sama aku, jadi aku dijelasin tentang background agency-nya dan ngasih aku kartu nama dan bisa hubungin kapan aja kalau tertarik. Tadinya aku gak yakin sama diri aku sendiri bisa atau gak ya untuk masuk di dunia ini, karena pada dasarnya aku orangnya pemalu banget, tapi setelah tanya ke orang-orang sekitar aku, akhirnya aku mencoba untuk hubungi JCM dan datang ke lokasi untuk casting.


Apa pencapaian yang paling membanggakan selama berkarir sebagai model?

Mungkin hal membanggakan di sini yang mau aku jelaskan adalah lebih ke pencapaian dalam pengembangan diri aku. Dunia modeling memberi aku banyak kesempatan dan pengalaman yang bisa aku jadikan sebagai pelajaran, termasuk belajar untuk lebih percaya diri. Aku adalah orang yang pemalu banget apalagi kalau harus berinteraksi dengan orang lain, tapi karena pekerjaan aku yang selalu berhadapan dengan kamera dan berinteraksi dengan orang lain, pelan-pelan aku belajar melawan rasa gak nyaman untuk lebih bisa mengekspresikan diri dan terbuka terhadap orang baru. Perubahan ini sudah bisa membuat aku bangga.


Punya pengalaman memalukan, lucu atau menarik lainnya saat berada di runway atau pemotretan?

Hal yang menarik kalau misalkan aku dapat kerjaan di luar kota, mau itu untuk show atau foto, selalu jadi favorit aku. Karena selain kerja bisa sambil jalan-jalan.




Selain wajah cantik dan tubuh proporsional, apa modal paling utama bagi seorang model agar bisa bertahan di industri ini?

Selain 2 hal di atas, modal lain yang harus dimiliki menurut aku adalah profesionalitas, termasuk dalam waktu, kepribadian, etika, dimana bisa on-time entah itu buat castings, fittings, shoots, jobs, dan lain-lain in good condition and able to perform, termasuk menjaga good mood saat sudah di set dan bagaimana kita bersikap juga akan sangat berpengaruh.


Apa definisi cantik menurut kamu?

Definisi cantik menurut pribadi aku sendiri adalah ketika kita sebagai perempuan bisa merasa nyaman dengan diri sendiri. Karena pada akhirnya, rasa percaya diri dan rasa bahagia kita akan terpancar dengan sendirinya, mungkin kita gak bisa ngelihat itu, tapi orang lain bisa. Lalu cara kita bersikap dan bagaimana memperlakukan orang lain di sekitar juga termasuk hal yang penting.


Apa tren favorit kamu saat ini seputar fashion / kecantikan?

Aku bukan tipe orang yang mengikuti tren, karena gak akan ada habisnya. Tapi dari semua tren yang ada sekarang, aku lagi into pakaian yang berbahan eco-friendly.




Gaya fashion kamu seperti apa sih? Apakah ada perbedaan saat sebelum jadi model dengan sekarang?

Gaya fashion aku dari dulu sampai sekarang kurang lebih masih sama, tapi makin ke sini aku semakin tau cara untuk mix & match.


Adakah sisi lain seorang model yang awalnya cukup mengejutkanmu dan yang mungkin orang-orang perlu tahu tentang profesi model?

Banyak orang yang berpikiran kalau menjadi model itu gampang dan hanya modal fisik ataupun kerjaan yang easy-money, tinggal jalan terus dapat uang. Padahal di belakangnya banyak tantangan yang mungkin gak kasat mata, contohnya kita bisa standby seharian dari subuh sampe subuh lagi di set dan tetap harus menjaga mood. Terus modalnya juga banyak, harus punya heels dengan 3 warna berbeda atau tambahan sepatu dan pakaian basic lainnya. 

Dan kalau lagi nunggu di set itu harus bisa istirahat di mana aja, bahkan bisa sampe tiduran di lantai, atau kalau fashion show, di kursi penonton. Oh iya, kita juga harus bisa ngebangun karakter yang kuat saat kita jalan di runway, jadi gak asal jalan aja, semacam harus punya ciri khas gitu. Dan balik lagi ke point aku dimana model butuh profesionalitas saat bekerja dan untuk aku sendiri masih banyak hal yang ingin aku capai di luar permodelan seperti membangun karir di bidang design.


Apa saja rutinitas olahragamu untuk menjaga kebugaran?

Untuk olahraga, aku rutin nge-gym tapi untuk sekarang lebih rajin untuk ikut kelas-kelas aja, seperti pilates dan yoga.



"Nothing can dim the light that shines from within"


Apa pilihan favorit kamu untuk hal-hal berikut ini dan alasannya?

Camilan: pisang goreng ditambah sambal roa. Hehe… Manado banget

Destinasi untuk traveling: Eropa

Film sepanjang masa: Harry Potter 

Desainer: Biyan, dari dulu udah jatuh cinta dengan koleksinya dan semoga suatu hari berkesempatan untuk ikut show-nya 

Fotografer: Sharon Angelia

Kosmetik / beauty care yang selalu ada di tas kamu: Castor oil, lip balm


Untuk merawat kecantikan seperti rambut, wajah dan kulit, rejimen seperti apa yang biasa kamu lakukan?

Aku termasuk tipe orang yang cuek untuk melakukan perawatan. Hahaha… Untuk kulit wajah, aku maskeran di rumah dan melakukan facial treatment kira-kira 2 bulan sekali dan untuk kulit badan rajin-rajin scrub dan luluran di salon kalau sudah mendekati fashion week.


Apa impian yang masih belum terwujud dan ingin kamu capai entah dalam dunia modeling atau bidang lainnya? Dan ada proyek apa lagi yang bisa kami lihat nantinya?

Banyak bangetttt!!! Hahahaha… Salah satunya aku ingin banget kerja di studio design di Bandung yang dari dulu aku incar dan kedepannya semoga bisa buka studio aku sendiri. Untuk sekarang selain modeling, aku freelance graphic designer dan baru mulai bikin bisnis berdua bareng temen aku yaitu preloved shop namanya @alesahne_.


---

Sip deh. Semoga kelak impiannya untuk punya studio design sendiri tercapai ya, Ika! Foto-foto cantik Ika Rovika bisa disimak di akun Instagramnya @rovikasanap.