Atlet | INTERVIEW | 1 month ago
Melvin Junior Tanner: Gizi Dan Kebugaran Itu Ibarat Raja Dan Ratu Dalam Sebuah Kerajaan
Instruktur kebugaran sekaligus praktisi ilmu gizi Melvin Junior Tanner mengungkapkan keterkaitan yang sangat erat antara gizi dan kebugaran.
01 November 2019 20:03
Text by Astri Suciati

Ngomong-ngomong soal gizi dan kebugaran memang tidak ada habisnya. Keduanya merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Seperti kata Melvin Junior Tanner, salah satu narasumber di acara talk show grand opening Anytime Fitness Bintaro pada 26 Oktober lalu.

Mahasiswa tingkat akhir jurusan Ilmu Gizi di Universitas Indonesia sekaligus Nutrition Coach di PrimaFit ini membagikan wawasannya mengenai dunia kebugaran yang juga terkait erat dengan gizi. Sebagai fitness instructor, lelaki berkacamata ini biasanya datang ke rumah klien, disamping ia juga kerap memberikan online coaching. Langsung simak saja yuk obrolan kami dengan Melvin berikut ini.  



"Workout smarter than harder"


Sejak kapan dan bagaimana awalnya tertarik dengan bidang nutrisi lalu menjadi fitness instructor?

Saya tertarik olahraga itu sudah dari SMP, saat itu jadi pemain bola dan saya sadar bahwa jadi seorang atlet dibutuhkan makanan yang sehat. Dari sana saya kemudian tertarik untuk mendalami gizi khususnya kebugaran dan juga olahraga. 

Gizi dan kebugaran itu hal yang menarik ya dan saling membutuhkan. Seseorang tidak bisa dapat kebugaran kalo cuman latihan, perlu juga asupan gizi yang pas. Jadi saya rasa pas sekali kalo seorang instructor juga mempunyai pengetahuan gizi yang sangat kuat.


Apa sesungguhnya hubungan antara nutrisi dan kebugaran?

Gizi dan kebugaran itu tidak bisa dilepaskan. Anda tidak bisa mendapatkan kebugaran cuman dari latihan. Begitu juga cuman gizi aja, itu ga bisa. Perlu disatukan. Gizi akan membantu memberikan energi untuk menjalankan program latihan. 

Kalo tidak makan atau gizi tidak tepat tentu saja menghambat latihan. Setelah latihan, tubuh juga perlu recovery, gizi yang diberikan sangat krusial dalam tahap pemulihan ini. Jadi gizi dan kebugaran itu kaitannya erat sekali. Just like king and queen make a kingdom. 


Apa prinsip utama yang harus diingat setiap orang ketika mulai memperhatikan kesehatan fisik mereka untuk pertama kalinya?

Untuk memulainya, penting untuk kita memahami diri kita sendiri. Ketahui dulu kemampuan kita sampai mana, jangan terpancing oleh kata banyak orang. Kalo bisa mulai berkonsultasi dulu dengan coach atau tenaga kesehatan. Nanti akan diarahkan program yang sesuai dengan tingkat kesehatan atau kebugaran kita.

 

Apa masalah atau kekeliruan terbesar yang biasanya dilakukan orang ketika mereka berusaha menjadi lebih sehat?

Kekeliruan yang paling saya temui itu adalah informasi kesehatan atau gizi yang salah. Terkadang orang terlalu percaya bahwa dia melakukan diet, terurama diet ekstrem, adalah sehat. Malah makin merusak tubuh, meskipun turun berat badan belum tentu baik akhirnya malah jadi tidak bugar + penyakitan.


Bagaimana cara paling sederhana untuk meningkatkan daya tahan dan memulihkan stamina setelah berolahraga berat? 

Kalo dari aspek gizi, makan gizi seimbang dan teratur, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ditambah tidur yang cukup.