Atlet | INTERVIEW | 1 month ago
Rika Wijayanti: Terus Melayang Gapai Prestasi Setinggi Awan
Salah satu atlet paralayang putri kebanggaan Indonesia yang satu ini punya sejumlah prestasi yang tak main-main.
01 November 2019 18:12
Text by Astri Suciati

Mengangkasa di bawah parasut sambil mengendalikannya adalah makanan sehari-hari seorang Rika Wijayanti. Terbang di ketinggian hingga ratusan meter di udara tak menciutkan nyalinya, malah menjadi keasyikan tersendiri bagi perempuan asal Batu, Malang ini. Berkat kepiawaiannya sebagai pilot paralayang, sejumlah prestasi pun berhasil ditorehkannya, baik di dalam negeri maupun di kancah internasional.

Lihat saja raihan predikat dalam seri kejuaraan Paragliding Accuracy World Cup 2017 di antaranya juara 2 di Kanada, juara 1 di Serbia, juara 3 di Albania, juara 1 di Turki, lalu juara 2 di Kazakhstan. Ditambah lagi dengan gelar World Champion 2017. Belum lagi perolehan medali di Asian Games 2018 lalu, dimana ia berhasil menyabet medali perak dan perunggu di nomor beregu, serta medali perunggu di nomor individu. Dan baru-baru ini ia berhasil meraih predikat 2nd World Champion 2019. Wah, banyak ya!

Paralayang jelas membawa Rika membumbung menjelajah angkasa, melihat penjuru dunia di bawah kendali parasutnya, dan berikut cerita yang ia bagikan untuk kita. 


Sejak kapan dan bagaimana awalnya tertarik dengan paralayang?

Sejak duduk di kelas 1 SMA. Karena rumah saya dekat dengan lokasi pendaratan, jadi secara langsung harus mencoba karena tiap hari melihat paralayang. Pengalaman ikut paralayang sangat seruu sekali bisa lihat pemandangan dari atas sambil terbang dan pastinya bisa keliling Indonesia bahkan dunia. Hehe…


Seperti apa latihan yang dilakukan seorang paraglider? Persiapan apa saja yang kamu lakukan sebelum kompetisi?

Sebelum latihan dan kompetisi kita pemanasan kecil-kecilan supaya rada membangun suasana. Sama saja sih Mba, gak ada bedanya. Cuma pemikiran saya setiap latihan saya berpikir seperti kompetisi, dan kalau kompetisi saya berpikir seperti latihan. Jadi saat kompetisi kita kayak gak ada beban gitu, dibikin sesantai mungkin. Hehe…


Adakah perbedaan aturan atau metode antara paraglider wanita dan pria dalam suatu kompetisi?

Tidak ada perbedaan antara wanita dan pria sama saja. 


Ada pengalaman atau momen tak terlupakan saat sedang terbang? Kompetisi di mana yang paling membuatmu bersemangat dan kenapa?

Ada waktu tahun 2017. Waktu itu grand final kejuaraan dunia. Di Slovenia dan saya dapat gelar World Champion 2017. Pastinya sangat senang dan tidak bisa dilupakan. Itu yang membuat saya semangat untuk terus melangkah ke depan.