Atlet | INTERVIEW | 3 months ago
Ryan Magelhans: Gizi Seimbang Dan Suplemen, Penting Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh
Bincang sehat seputar gizi dan olahraga bersama Ryan Magelhans, A.Md.Gz, CSN.
29 March 2020 17:49
Text by Astri Suciati

Sport nutrition alias gizi olahraga adalah bidang yang cukup kompleks, mengingat tak hanya ilmu gizi semata yang mencakup di dalamnya, namun juga kebugaran yang berhubungan dengan olahraga.

Salah satu ahli gizi olahraga kita kali ini adalah Ryan Magelhans, A.Md.Gz, CSN. Lulusan DIII Gizi, Sport Nutritionist dari APKI, Gizi Kebugaran dari Anoki, dan Gizi Prestasi (ISNA) ini bekerja sebagai Dietisien di Charitas Hospital Palembang, Sport Nutritionist di Jetset Fitness Palembang, sekaligus juga Founder Nutrition for Sport and Wellness (NSW).

Lelaki penyuka martabak, whey protein dan kacang goreng ini menjawab berbagai pertanyaan seputar gizi dan kebugaran dalam obrolan berikut. 


Ceritakan awalnya kenapa tertarik dengan nutrisi khususnya sport nutrition?

Saya tertarik dengan sport nutrition dikarenakan saya memang memiliki hobi berolahraga sehingga saya mendalami hal tersebut. Nutrisi dan olahraga merupakan hal yang saling berkaitan sehingga perlu untuk dipelajari juga.


Umumnya, sport nutrition diasosiasikan dengan atlet atau olahragawan. Bisakah orang biasa memperoleh manfaat dari mengunjungi sport nutritionist, atau harus seorang gym goer?

Sport nutrition itu ada 2 jenis: pertama gizi kebugaran (orang umum), kedua gizi prestasi (atlet) sehingga keduanya perlu untuk disosialisasikan.


Apa diet terbaik untuk seorang atlet?

Diet terbaik untuk seorang atlet adalah mencukupi semua kebutuhan zat gizi berdasarkan cabang olahraga, usia, jenis kelamin.