Chloe Clau: Percaya Diri Dengan Keunikan Dan Gaya Androgini

Chloe Clau: Percaya Diri Dengan Keunikan Dan Gaya Androgini

Chloe Clau, salah satu model Indonesia dengan image androgini yang memiliki karakter wajah unik ini mampu membuktikan bahwa pretty doesn’t always have to be girly.

Seorang model tak harus tampil sesuai dengan gendernya. Terkadang ada ciri khas wajah dan fisik seorang model yang membuatnya mampu merepresentasikan dua karakter sekaligus, feminin dan maskulin, yang disebut dengan istilah androgini, terlepas dari apakah ia perempuan atau lelaki.

Salah satu top model Indonesia yang memiliki karakter ini adalah Claudia Virginia atau yang lebih dikenal dengan Chloe Clau. Chloe memiliki wajah dan fisik yang unik, bak bunglon ia mampu bertransformasi menjadi sosok maskulin yang keren dan terlihat tampan ataupun sebagai perempuan feminin yang cantik dan anggun luar biasa. Gayanya ini bukannya sengaja terbentuk untuk kepentingan di dunia model semata, namun juga karena karakter sehari-harinya yang tomboy dan apa adanya.

Perempuan kelahiran 28 tahun silam yang hobi masak dan jalan-jalan ini memiliki postur yang proporsional dengan tinggi 174 cm dan berat 49 kg. Karakter wajah yang unik pernah membuatnya mengikuti berbagai beauty event yang diselenggarakan oleh brand kecantikan ternama seperti Make Over campaign, L’oreal Professional dan lain-lain. Penyuka bakso ini bercerita tentang dunia modelling dan keseharian yang dilakoninya, seperti berikut ini.

Sejak kapan dan bagaimana awalnya bisa menjadi model?

Awalnya banget jadi model itu di tahun 2008. Waktu itu aku masih tinggal di Manado. Saat itu ada pemilihan model se-Sulawesi Utara, audisinya sendiri hingga ke kota-kota kecil. Intinya aku terpilih salah satunya jadi finalis, dan kebetulan saat itu aku yang menang juara 1 nya. Lalu ditawarin buat pindah ke Jakarta buat jadi profesional di sini.

Apa yang membuat kamu menikmati jadi seorang model?

Yang bikin aku nyaman jadi model karena sebagai model kita bisa “memainkan” karakter yang biasanya bukan gaya kita sehari-hari, dan bertemu banyak orang-orang baru, belajar hal-hal baru di tiap kerjaan yang aku dapat.

Ceritakan dong kenapa kamu lebih sering tampil dengan gaya androgini?

Sebenarnya gaya androgini sendiri buat aku mungkin lebih ke gaya / style aku sehari-hari yah. Karena dari dulu memang aku anaknya tomboy jadi sampai sekarang udah kebentuk karakternya gitu kali ya. Hehe…Dan untuk ke kerjaan sendiri mungkin beberapa klien yang udah tau style sehari-hari aku, prefer aku bawain karakter yang ada yang aku udah biasa biar lebih dapat sama mood baju dan sebagainya.

Pernah punya pengalaman diminta memakai baju yang bukan kamu banget? Dan kalaupun harus memakai busana yang feminin, busana seperti apa yang membuat kamu nyaman?

Kalau untuk baju yang bukan aku banget mungkin lebih ke dalam artian yang feminin banget kaya dress-dress gitu yang emang bukan gaya berpakaian sehari-hari aja sebenarnya. Cuma balik lagi as a professional model menurut aku itu udah bagian dari pekerjaan yang aku jalanin sekarang. Selama masih di batas normal kaya gak terlalu seksi aku masih fine-fine aja. Tapi to be honest sebenarnya malah aku kerja lebih banyak diminta menggunakan baju yang lebih berbau feminin sih. Karena katanya aku kalau udah make up itu perempuan banget dan ya jadinya beda sama keseharian biar ada sesuatu yang beda aja on stage sama di luar stage gitu. Haha…

Gaya fashion dan makeup kamu sehari-hari seperti apa sih? 

Buat gaya fashion aku sehari-hari lebih ke kaos / kemeja santai, celana panjang / jogger, sepatu keds sama jaket. Kalau buat make up sendiri, biasanya aku pakai alis sama lip balm plus lip tint. Hehehe…

Seorang model biasanya rajin merawat kecantikan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Bagaimana dengan seorang Chloe? Rutinitas perawatan seperti apa yang biasa kamu lakukan?

Mungkin banyak orang mikir karena aku tomboy jadi agak malas perawatan. Tapi tentu tidak. Aku anaknya rajin banget perawatan kulit. Biasanya aku luluran minimal 1 bulan sekali. Kalau malas pergi ke tempat luluran aku luluran sendiri di rumah. Sama paling kalau malam aku pakai aloe vera aja buat muka sebelum tidur, atau maskeran.

Untuk menjaga kebugaran, olahraga apa yang rutin kamu lakukan dan berapa kali?

Untuk olahraga aku gak ada satu olahraga khusus yang aku tekunin. Tapi lebih perbanyak jalan sama sit up. Buat waktunya sendiri biasanya aku sesuaikan sama jadwal kerjaan aku.

Bagaimana dengan pola makan? Ada aturan tertentu atau diet yang diikuti untuk menjaga berat badan?

Kebetulan buat pola makan aku badannya tipenya agak susah naik berat badannya. Jadi walaupun makan berlebih berat badanku masih stabil. Hehehe…

Apa pendapat kamu tentang model-model yang identik dengan anoreksia atau bulimia demi mendapatkan tubuh yang kurus / ideal?

Menurut aku buat model-model yang dicap anoreksia dan bulimia demi mendapatkan tubuh ideal sebenarnya sangat tidak sehat, tapi di satu sisi memang kita juga perlu tau badan kita masing-masing. Karena setiap tipe badan tiap orang itu beda-beda. Jadi penanganan untuk diet dan lainnya belum tentu bisa sama antara satu sama lainnya. Sebaiknya lebih peka sama badan kita sendiri tipenya seperti apa. Jadi bisa mengakali tipe diet atau pola makan seperti apa yang baik buat tubuh kita biar bisa mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan.

Dari sekian panggung fashion show dan photo shoot, mana yang paling berkesan dan kenapa?

Kebanyakan setiap photo shoot dan runway punya cerita dan kesan masing-masing. Tapi misalkan diminta untuk milih yang mana, mungkin runway buat show Rinaldy A. Yunardi dan Bin House. Untuk show Rinaldy A. Yunardi sendiri karena beliau merupakan designer aksesoris ternama dan sudah dikenal dengan kreasinya yang selalu indah serta spektakuler. Dan sepanjang show tersebut juga sangat berbeda dibanding show-show lainnya. Sedangkan untuk show Bin House karena kita diminta selalu memainkan suatu mood yang disampaikan di dalam show tapi dibawakan sesuai karakter kita masing-masing. Buat photo shoot sendiri saat itu pernah photo untuk majalah Bazaar dalam edisi ulang tahun Bazaar sendiri. Tapi berkolaborasi dengan 8 photographer dengan tema yang berbeda-beda dalam 2 hari untuk 1 edisi spread.

Apa impian / keinginan kamu yang ingin diwujudkan, baik di bidang modeling ataupun lainnya? Lalu ada proyek baru apa lagi yang bakal kamu ikuti selanjutnya?

Impian aku pingin sekolah Chef. Hahaha… Karena aku suka banget masak dan mungkin bisa dibilang passion aku sekarang kali yah. Sama ada beberapa project kecil-kecilan yang lagi dijalanin di bidang kuliner sama fashion.

Pesan atau saran apa yang bisa kamu bagikan untuk model-model baru agar bisa bersaing dan mempertahankan eksistensi di industri ini?

Pesan aku buat model-model baru: Pertama karakter itu sangat penting menjadi seorang model, karena model di jaman sekarang ini banyak banget yang keluar masuk industri ini. Tapi yang punya karakter mungkin bisa dihitung, dan perlu banget attitude yang baik serta pengetahuan di dunia ini walaupun sedikit.

“Kesuksesan bukanlah segala-galanya tapi usaha / proses menuju kesuksesan lebih berharga karena kita banyak belajar di dalamnya.”

Karakter yang kuat memang bagian utama untuk bisa bertahan di dunia modelling, seperti Chloe, yang gaya uniknya bisa Anda intip di akun Instagram pribadinya @chloeclau.