Fit + Strong = Sexy, Rumus Kebugaran Baru Ala Fen Fen Liew

Fit + Strong = Sexy, Rumus Kebugaran Baru Ala Fen Fen Liew

Tubuh yang kencang dan fit pasti jadi dambaan setiap wanita. Apalagi untuk wanita yang merasa tubuhnya tak seindah dulu sebelum punya anak. Fen Fen Liew punya tips dan saran yang oke untuk mengembalikan dan mempertahankan bentuk tubuh agar terlihat lebih kencang bahkan saat Anda merasa usia sudah tak memungkinkan lagi.

Fen Fen Liew bisa dikatakan adalah salah satu selebgram kebugaran Indonesia yang kerap menginspirasi dan memotivasi followernya dengan postingan seputar tips dan latihan kebugaran, juga makanan atau cemilan sehat yang ia kreasikan sendiri. Hobinya berolahraga di gym bahkan di rumah membuat tubuhnya tampak kencang dan padat dengan toned muscle, tak menyiratkan bahwa usia ibu dua anak ini sudah menginjak kepala empat.

Hasil kerja kerasnya membangun tubuh ideal ini membuatnya menjadi brand ambassador salah satu merek air minum kesehatan dan juga menjadi sponsored athlete salah satu produk suplemen protein. Nah, seperti apa sih passion Fen Fen di dunia fitness? Simak yuk wawancara kami dengannya berikut ini.

Sering membagikan postingan tentang tips latihan kebugaran, apakah Anda juga seorang personal trainer?

Sebenarnya aku bukan seorang personal trainer tapi beberapa tahun lalu aku sempat memberikan home private training kepada beberapa klien yang request dan menghubungi aku lewat DM di Instagram.

Sejak kapan mulai terjun ke dunia fitness dan apa yang memotivasi Anda?   

Mulai terjun ke dunia fitness itu pada tahun 2011 tepatnya setelah 1 tahun melahirkan anak yang ke-2. Asal mulanya aku memutuskan untuk mulai berolahraga itu gak muluk-muluk kok, hanya karena:

(1). Aku udah tidak berencana mempunyai anak lagi di masa yang akan datang karena anakku udah 2, cowok dan cewek.

(2). Karena baju-bajuku di lemari semua gak ada yang muat soalnya berat badanku yang meningkat banyak saat hamil (naik 22 kg-an). Bisa dibayangkan dong kayak apa. Haha..

(3). Termotivasilah dan bertekad untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil. Tapi seiring waktu jadi tertarik dengan body building yang artinya aku nge-gym nih gak cuma harus langsing dong tapi harus punya toned muscle dan firm. Dan jadilah seperti sekarang ini.

Memiliki tubuh yang kencang hingga kini, berapa kali dalam seminggu Anda berolahraga dan jenis olahraga apa saja yang Anda lakukan?

Minimal 4x dalam seminggu tapi biasanya aku kalau gak ke tempat gym pun ya pasti meluangkan waktu untuk berolahraga di rumah. Jadi bisa dikatakan hampir setiap hari berolahraga. Jenis olahraga yang aku lakukan:

• Cardio (zumba, jogging, body combat dan muaythai)

• Weight training (latihan beban)

Bagian tubuh favorit mana yang sering Anda latih dan mengapa?

Sebenarnya semua bagian tubuh itu penting untuk dilatih supaya bisa memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Favorit aku sih pastinya lengan, perut, kaki, bokong dan punggung. Why? Ya karena problem para wanita yang sudah pernah melahirkan apalagi yang berat badannya naik gila-gilaan kayak aku pasti sisa gemuknya itu ada di badan sang ibu. Dan yang aku alami itu ya seputar lengan yang bergelambir, perut yang melebar, kaki / paha yang berlemak, punggung yang berlipat-lipat. Haha.. Setelah berat badanku sudah ideal pun aku tetap melatih upper dan lower body aku semaksimal mungkin untuk me-maintain semua yang udah aku capai. Jadi PR tetap lanjut ya. Haha..

Biasanya wanita yang sudah memiliki beberapa anak tubuhnya jadi kendor dan melar. Latihan apa saja yang tepat untuk mengembalikan bentuk tubuh agar kembali ideal?

Nah itu tadi pertanyaan yang no. 4 yang harus dilatih kembali yaitu dengan cara latihan angkat beban untuk membentuk bagian tertentu yang mau dilatih dan dibentuk. Karena dengan latihan beban maka otot akan terbentuk dan lemak akan terpangkas sehingga bobot tubuh kita menjadi lebih toned, lean, padat dan ideal. Dan tentunya harus didukung oleh pola makan yang sehat dan seimbang alias diet sehat.

Bagaimana menurut Anda pernyataan “saya gemuk karena keturunan”? Benarkah seperti itu? 

Miris sekali ya kalau harus dengar excuse seperti ini. Jangan salahkan keturunan dong ya, semua yang terjadi pada tubuh kita baik bentuknya, kinerjanya itu semua tergantung dari diri kita sendiri.

Apa yang kita makan / masukkan dalam tubuh ya itu akan menjadi tampilan luar kita. Dan itu akumulasi loh teman-teman, karena gak mungkin kita makan banyak 1 hari tiba-tiba langsung jadi gendut. Hahaha.. Atau bukan karena hari ini tidur subuh, minum alkohol, merokok lalu besok badan langsung sakit, terkena penyakit paru-paru, gagal ginjal dll.

Semua itu kan terjadinya dalam kurun waktu tertentu yang lama-kelamaan akan menjadi habit lalu menjadi gaya hidup (lifestyle) dan itulah yang akan mempengaruhi kesehatan kita nantinya. Karena penyakit datang gak akan permisi dulu, so be more alert to our health. Orang yang sudah overweight pun kalau bertekad keras dan niat untuk hidup sehat tetap punya peluang yang sama kok. Kesempatan itu selalu ada asal kita mau memilih.

Anda juga suka mengunggah makanan-makanan sehat alternatif yang menarik. Ada keinginan untuk membuka restoran makanan sehat?

Ya betul sekali aku orangnya suka ngemil. Hahaha.. Makanya kadang aku suka baking sendiri cemilan sehat. Selalu ada pilihan untuk tetap hidup sehat, bukan?

Keinginan untuk buka resto makanan sehat sih ada banget karena aku juga orangnya cenderung suka mencoba makanan-makanan baru apalagi kalau concern-nya tentang makanan sehat.

Memiliki puluhan ribu follower, apa yang paling membahagiakan atau membanggakan Anda dan apa yang Anda harapkan selanjutnya?

Yang paling bikin aku hepi itu ketika orang lain merasakan manfaat baik dari lifestyle yang aku jalani dan mereka merasa termotivasi dari kegiatan-kegiatanku atau pola makanku. Itu suatu kebahagiaan tersendiri buat aku sih. Dan aku berusaha banget untuk menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan mereka seputar olah tubuh, diet sehat dan cara latihan.

Yang bikin aku bangga itu ketika aku mendapat banyak apresiasi dari teman-teman socmed bahkan beberapa brand yang telah melakukan kontrak dengan aku hanya karena melihat feed Instagram aku yang positif dan konsisten serta memotivasi. Itu bisa menjadi tolak ukur keberhasilan aku dalam menjalani passion aku ini.

Harapan ke depan sih aku pengen bisa merangkul lebih banyak kaum wanita khususnya dan generasi muda umumnya untuk bisa lebih peduli lagi kepada kesehatan dan gaya hidup yang sehat. Karena bonusnya ok banget loh guys, selain bisa memiliki tubuh yang bugar, sehat dan fit (walaupun usiaku udah menginjak kepala 4), bonus lainnya adalah jadi merasa lebih awet muda.

Menurut Anda apa faktor utama keberhasilan seseorang untuk mencapai body goals?  

Faktor utama atau modal awal aku itu adalah:

• Berani untuk memulai, sebab itu adalah pilihan.

• Niat untuk mencapai target.

• Fokus pada tujuan awal.

• Tetap konsisten.

• Enjoy prosesnya step by step.

• Jangan pernah merasa bersaing dengan orang lain tapi bersainglah dengan diri Anda sendiri setiap hari.

• Selalu set target yang baru untuk menjadi lebih baik.

• Never give up.

Selain olahraga teratur, pola makan seperti apa yang biasa Anda jalani setiap hari?

Pola makan aku itu udah pasti weekday adalah eat clean days. Yang artinya, sebisa mungkin aku menyiapkan makanan aku sehari-hari yang isinya ada protein, karbohidrat, serat, vitamin, dll. Pastikan semua itu tercukupi dan bebas dari yang namanya gorengan, lemak, produk makanan instant, gula dan garam yang berlebih. Weekend baru deh cheat day tapi tetap harus diperhatikan asupannya juga. Gak asal hantam kromo aja. Hahaha..

Ada rutinitas tertentu untuk merawat kecantikan, wajah atau kulit misalnya?

Tidak ada. Aku itu termasuk orang yang cuek untuk hal-hal di atas alias paling malas nungguin salon, mani-pedicure, apalagi facial wajah, luluran, dll itu hampir tidak pernah aku jabanin. Ya paling treatment seadanya aja di rumah. Kalau udah kepepet baru deh nyalon atau apa gitu. Hahaha..

Pilih mana, lebih suka nge-gym bareng teman-teman atau liburan bareng keluarga? 

Kalau boleh milih ya dua-duanya. Hahaha.. Gym atau olahraga itu seperti mood booster buat aku. Udah kayak terapi buat aku. Ada semacam perasaan puas setelah berkeringat atau melakukan olahraga dan bawaannya happy aja dan selalu excited. Tapi di kala sedang liburan bersama keluarga pun pasti aku tetap usahakan luangkan waktu untuk berolahraga apapun jenisnya.

Pesan atau saran apa yang bisa Anda bagikan untuk pembaca kami mengenai kesehatan / kebugaran?  

Kesehatan itu harus dicari ya teman-teman. Gak bisa nunggu dia datang dengan sendirinya dan berharap punya genetik orang kuat / sehat. Dan kesehatan itu gak bisa dibeli di mana-mana. Kalau kita gak cari sehat ya lama-lama kita yang dicari sama penyakit. Kita udah jaga kesehatan saja pun tidak menjamin bebas penyakit atau bakal sehat terus tetapi paling tidak kita udah berusaha menerapkan pola hidup dan gaya hidup yang sehat. Lebih baik kita investasikan dari sekarang ya guys, jangan menunda-nunda toh manfaatnya untuk diri kita sendiri.

Saran untuk teman-teman generasi muda, hargailah tubuh kalian ketika kita masih diberi kesehatan sebab itu hanya titipan saja. Hidup itu harus balance, bukan? Layaknya mobil mewah dengan interiornya yang sangat eksklusif. Pasti luar dalam akan kita jaga, kita service, bawa ke bengkel balancing, cek mesin, cek ban, dll. Sama seperti tubuh kita, jangan cuma luarnya aja keren tapi dalamnya bobrok. Justru yang penting dirawat itu adalah bagian dalam dulu barulah segala sesuatu bisa terpancar keluar.

Dan untuk para wanita, jangan pernah berpikiran bahwa kita yang sudah menikah atau punya anak itu tidak akan bisa memiliki tubuh yang ideal dan bagus kembali. Mindset itu benar-benar harus diubah. Aku pun pernah dianggap remeh ketika mau memulai berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Banyak mitos negatif yang beredar ternyata dan aku mau buktiin bahwa mereka semua salah. And here I am to show you.

Apapun bentuk tubuh kalian sekarang, tidak ada kata terlambat untuk memulai. Pilihan di tangan kita masing-masing. Jangan hanya bisa mengagumi tubuh orang lain dan berkata andai aku seperti dia. Kita semua punya potensi yang sama untuk berhasil kok. Ayo take action from NOW or NEVER at all! Tetap semangat dan never give up! Stay fit and healthy always guys…

–//–

Setuju! Mantap deh tips dan saran dari Fen Fen. So, tidak ada alasan untuk berhenti menjaga kesehatan dan tetap bugar di usia berapapun. Karena seperti kata Fen Fen, kesehatan itu tidak bisa dibeli tapi harus dicari. Kalau tidak, penyakit yang akan mencari kita. Ingin tahu lebih banyak tentang tips latihan kebugaran dan makanan sehat dari Fen Fen Liew? Follow akun Instagramnya di @fenfitlicious.