Guru Milang: Personal Trainer Sekaligus Triathlete Dan Pelari

Guru Milang: Personal Trainer Sekaligus Triathlete Dan Pelari

Di balik fitness & body goals para pegiat kebugaran, terdapat sosok yang berpengaruh terhadap kesuksesan mereka, tak lain adalah pelatih kebugaran pribadi alias personal trainer. Salah satunya adalah Guru Milang, spesialis functional strength & movement.

Personal trainer lazim dijumpai di pusat-pusat kebugaran atau gym. Profesi yang satu ini banyak dimanfaatkan jasanya oleh orang-orang yang serius menginginkan body goals tertentu, semisal menurunkan berat badan, membentuk massa otot, body building, persiapan kompetisi olahraga, atau hanya sekadar meningkatkan stamina dan kebugaran. Personal trainer-lah yang berperan mengantarkan mereka untuk melihat dan merasakan hasilnya.

Tugas seorang personal trainer tak hanya menyusun program yang sesuai dan membimbing klien semasa latihan, namun juga memotivasi agar klien tetap disiplin dan tak menyerah demi memperoleh tujuan yang diharapkan. Salah satu personal trainer berpengalaman yang kali ini kami tampilkan profilnya yaitu Guru Milang. Mungkin Anda pernah mengikuti kelasnya atau barangkali menjadi kliennya.

Gugi, sapaan akrabnya adalah coach dengan spesialisasi functional strength & movement, yaitu berbagai gerakan yang melatih otot untuk bekerja bersama dan mempersiapkannya untuk tugas sehari-hari dengan mensimulasikan gerakan umum yang mungkin biasa Anda lakukan di rumah, di tempat kerja atau dalam olahraga. Selain sebagai pelatih kebugaran, ayah dua anak ini juga aktif sebagai pelari ultramarathon dan triathlete. Ia kerap mengikuti ajang kompetisi lari dan triathlon yang juga ia unggah di akun Instagram pribadinya @gurumilang.

Brand ambassador Compressport Indonesia dan League Sportswear ini berbagi pengalaman dan tips seputar kebugaran dalam obrolan berikut.

Sejak kapan menjadi personal trainer? 

Sejak November 2007 menjadi Fitness Instructor di Fitness First Indonesia.

Bagaimana caranya seorang PT mengetahui bahwa program latihan / gerakan tertentu cocok atau tidak untuk kliennya?

Sebelum memulai program saya melakukan fitness test dan movement screening terlebih dahulu. Tujuannya agar mengetahui jelas goal dan kebutuhan calon klien, juga mengetahui kondisi kesehatan dari calon klien tersebut.

Apakah mengatur pola makan untuk klien juga bisa menjadi bagian dari tugas seorang PT? 

Sebenarnya tidak, karena ini adalah tugas ahli gizi dan nutrisi, tugas PT hanya mengarahkan pada pola hidup sehat yang sesuai dengan kebutuhan klien. Untuk pola makan dapat menyarankan klien berkonsultasi langsung pada ahlinya.

Untuk yang doyan ngemil, apa sih pre workout snack yang paling baik? 

Saya dan juga terkadang menyarankan klien saya untuk snacking buah dan kacang kacangan.

Bagaimana kalau seseorang merasa sangat kelaparan setelah berolahraga, apa yang sebaiknya harus dimakan? 

Saran saya karbohidrat sebagai pengganti kebutuhan tenaga lalu dilanjutkan dengan protein sebagai nutrisi recovery.

Mana yang lebih baik, weight lift dulu baru cardio, atau cardio lalu weight lift? 

Tidak ada yang salah dari keduanya. Yang penting dilakukan sesuai goal dan badan sudah warming up terlebih dahulu.

Bagaimana Anda memotivasi klien untuk tetap komitmen pada program dan jadwal latihan?

Dengan memotivasi secara verbal, memberi program yang terstruktur dan juga selalu memberikan laporan progress yang sudah dicapai oleh klien tersebut.

Kondisi seperti apa yang membuat seseorang benar-benar membutuhkan bimbingan PT? 

Everyone needs trainer bagaimanapun kondisinya. Program secanggih apapun tetap membutuhkan orang yang bisa mengontrol progress maupun regress kita. Sangat baik bila kita punya goal dan kita punya trainer yang bisa membantu kita mencapai goal tersebut.

Bersepeda bersama istri tercinta

Biasanya berapa lama klien akan bisa mulai melihat hasilnya?

0-3 bulan adalah feel stage dimana klien merasakan manfaat dari berlatih, 3-6 bulan klien akan melihat perubahan yang baik karena sudah rutin berlatih, 6-9 bulan klien akan merasakan, melihat dan menjaga hasil yang sudah dicapai setelah rutin berlatih.

Apa pilihan Anda untuk makanan paling oke berikut ini?

Sarapan         : kopi hitam + buah

Makan siang : nasi + protein hewani + sayuran

Makan malam : protein hewani + protein nabati + sayuran

Camilan         : kacang-kacangan

Apa hal paling menyenangkan dan menyebalkan seputar pengalaman dengan klien / peserta kelas yang Anda ajar? 

12 tahun saya mengajar hampir semua moment adalah menyenangkan, flow melatih memang up and down tapi semuanya dijalankan dengan sangat menyenangkan karena olahraga adalah bagian passion saya.

Untuk orang-orang yang baru mulai menjalani gaya hidup sehat dan menggabungkan unsur kebugaran, apa saran Anda untuk mereka?  

Lakukan dengan hal yang termudah, rutin dan terstruktur, miliki goal yang spesifik dan jaga semangat #gabolehmales.

Yup, kuncinya adalah tidak boleh malas kalau mau mencapai goal sesuai harapan, karena sejatinya seorang personal trainer adalah sebagai perantara kesuksesan namun klien itu sendirilah yang menentukan sukses tidaknya mencapai goal tersebut.