Jessica Putri Sibarani: Antara Makeup Dan Longboard

Jessica Putri Sibarani: Antara Makeup Dan Longboard

Dari sakit hati hingga jatuh cinta pada dunia longboarding, simak perjalanan Jessica Putri menemukan passion-nya di atas papan luncur beroda ini.

Ada yang tahu apa itu longboard? Serupa dengan skateboard, longboard dimainkan dengan cara meluncur di jalanan beraspal dengan kecepatan tinggi. Uniknya, jenis olahraga ekstrem ini banyak menarik minat kaum hawa. Contohnya saja Jessica Putri Sibarani, salah satu atlet longboard putri Indonesia yang banyak mendulang prestasi di berbagai ajang perlombaan longboarding.

Selain kecintaannya pada olahraga longboard, Jessica juga seorang makeup enthusiast. Saat sedang tak berada di atas jalanan aspal dengan tampilan gahar, Jessica kerap tampil cantik dan fashionable. Tak ada yang menduga kan, bahwa gadis yang gemar street workout, masak, nyanyi dan membuat kerajinan tangan ini sesungguhnya jago menaklukkan jalur longboarding yang menantang nyali.

Simak yuk cerita Jessica dalam obrolan dengan kami berikut ini.

Sejak kapan dan bagaimana awalnya kamu bisa terjun ke longboarding?

Sejak tahun 2011, awalnya terjun buat nyobain longboard itu karena sakit hati masalah percintaan dan pengen ngelakuin hal yang positif makanya nyari tahu tentang longboard, tertarik akhirnya keterusan.

Apa yang menarik dan paling kamu nikmati dari longboarding?

Yang menarik dari longboard adalah equipment-nya lucu-lucu, perempuan banget dan ekstrem. Selain itu yang paling aku nikmatin pada saat kita di atas papan dan bisa ngendaliin pas lagi kenceng itu rasanya gak bisa diungkapin dengan kata-kata.

Bagaimana tanggapan orangtuamu saat awal mengetahui kamu harus meluncur dengan kecepatan maksimum di atas papan beroda ini?

Awalnya almarhum papaku sempet nggak mendukung karena olahraga ini berisiko tinggi, karena kalo lagi latihan aku sempet jatuh dan mendapatkan luka tapi setiap kompetisi yang aku ikuti kebetulan aku memenangkannya lama-lama papaku mengerti dan mendukung.

Apa saja persiapan yang kamu lakukan menjelang perlombaan?

Selain latihan secukupnya, aku juga merileksasikan pikiran dengan cara jalan-jalan dan yoga supaya pas lomba nggak gugup.

Adakah perbedaan dalam kompetisi antara kelas putra dan putri?

Kalau perbedaan tergantung event seperti apa yang kita ikutin karena terkadang peraturannya suka berubah, tapi biasanya event yang aku ikutin itu race dan berhubungan dengan waktu dan kecepatan, paling tidak yang membedakan hanya maksimum kecepatan di kelas putra dan putri.

Ada pengalaman lucu atau tak terlupakan selama menggeluti longboarding yang bisa kamu bagikan?

Pengalaman yang gak bisa dilupain kalo lagi skate trip bareng, karena longboard punya komunitas yang lumayan besar namanya LGCI (Longboard Girls Crew Indonesia) dan isinya perempuan semua jadi seru-seruan bareng, dan kayak menemukan keluarga baru buatku.

Dari semua tempat di mana kamu pernah berseluncur, yang mana tempat favoritmu dan kenapa? Lalu di mana tempat yang paling menantang?

Kalau di Indonesia tempat favoritku itu di Lombok, nama tempatnya Selong Belanak karena yang jelas agak sepi secara kita pasti open road mainnya, aspalnya bagus dan disertai pemandangan yang bagus. Kalo tempat yang menantang yang pernah aku berseluncur itu di Philippines, nama tempatnya Sea Sides.

Passion kamu yang lain adalah makeup, yang pastinya bertolak belakang dengan dunia longboarding. Adakah yang sempat menyangsikan kemampuanmu di olahraga ini dan bagaimana kamu menyikapinya?

Banyak sih. Hehehe…tapi karena aku gak pernah ambil pusing sama hal seperti itu jadi gak masalah orang mau berpikiran apa karena mereka gak tau pasti tentang aku. Aku lebih berpikiran positif aja selama yang aku lakuin buat diriku seneng dan nggak ngerugiin orang lain.

“You will never grow if you have to mourn every leaf that falls.” ~ Kamilla Tolnoe 

Apa aspirasimu dalam olahraga ini, apakah kamu berencana menekuninya sebagai sebuah profesi?

Kalau dibilang sebagai profesi sih nggak yah, cuma kalo bener-bener berhenti dari dunia longboard nggak juga. Aspirasiku tentang longboard buat diriku sendiri semoga ada yang mensupport aku bisa go travel to the world bersama longboardku. Hehehe…

Bagaimana kamu melihat peluang longboarding untuk memunculkan atlet wanita?

Peluangnya besar sekali secara longboard di Indonesia sendiri sudah banyak yang tahu dan banyak yang main tetapi yang menjadi kendalanya olahraga longboard ini belum bisa menjadi olahraga nasional seperti skateboard di Indonesia ini.

Apa rencana atau goals yang ingin kamu capai, baik di longboarding ataupun di bidang lainnya?

Goals-ku untuk longboard sendiri bisa tour bareng sama komunitasku dan semoga olahraga ini bisa menjadi olahraga nasional dan semakin banyak peminatnya, bisa tetep kerja makeup sambil gak menyita waktuku buat longboard.

Apa saran yang bisa kamu bagikan untuk cewek-cewek yang ingin mengikuti jejakmu?

Jangan pernah takut untuk mencoba dan cari tau hal baru, kalo kita gak pernah mau mencoba kita gak akan pernah bisa tau dan belajar.

Aktivitas dan keseruan Jessica bersama longboard-nya bisa diintip di akun Instagram pribadinya @jprfsjessica.

Deretan prestasi Jessica Putri:

– 2nd Slide Jakarta Street Bomb 2013

– 1st Slalom Jangan Sampe Takut Halloween Party November 2013

– 3rd Place Slide Division “Thursday Night Flat Ride” Maret 2014

– 1st Class Women Division Longboard Festival 2014

– 2nd Place Dance Division 2015

– 1st Time Trial Budda Outlaw Oktober 2015

– SEA GAMES 2019 Best Time 1st Consi Class