Ngobrol Bersama Ahli Gizi Leona Victoria Djajadi: Antara Order Makanan Online Dan Masak Sehat

Ngobrol Bersama Ahli Gizi Leona Victoria Djajadi: Antara Order Makanan Online Dan Masak Sehat

Leona Victoria Djajadi, ahli gizi yang kami tampilkan profilnya kali ini berbagi informasi mengenai hal-hal terkait nutrisi mulai dari susu, power bar, masak sehat hingga tips menyiapkan makanan bergizi untuk keluarga bagi Anda yang sibuk.

Gaya hidup yang sibuk seringkali membuat orang abai terhadap kesehatan terutama asupan makanan yang berkualitas. Ditambah lagi dengan adanya teknologi yang memungkinkan kita untuk memesan makanan apapun hanya dengan ujung jari saja, membuat semuanya jadi serba mudah dan instan hingga memasak pun menjadi sesuatu yang sangat jarang dilakukan.

Namun sebenarnya hal tersebut dapat disiasati asal kita punya niat dan mencari informasi dari ahlinya yaitu nutrisionis atau ahli gizi. Seperti Leona Victoria Djajadi, seorang ibu rumah tangga dan ahli gizi lulusan Masters of Nutrition & Dietetics dari University of Sydney yang memang hobi memasak, ia menceritakan pengalamannya di dunia nutrisi dan membagikan tips agar tetap bisa masak sehat atau order makanan online dengan aman.

Yuk simak obrolan kami dengan penyuka Japanese, Korean dan Thai food ini!

Kenapa tertarik dengan dunia nutrisi dan diet hingga menjadikan bidang ini sebagai profesi?

Waktu saya remaja, ibu saya selalu mempermasalahkan berat badan dan penampilan saya dan membawa saya ke beberapa ahli nutrisi. Namun saya merasa tidak nyaman. Saat saya mengambil S1 di jurusan Food Science, ada mata pelajaran nutrisi dan saya merasa ternyata sangat menarik dan luas. Tidak melulu yang ada di gambaran masyarakat Indonesia sehingga saya memutuskan untuk meneruskan S2 di bidang Human Nutrition.

Hal apa saja yang paling menyenangkan dari pekerjaan ahli gizi?

Bisa membantu orang-orang lain menjadi lebih terbuka tentang informasi nutrisi dan gizi, sehingga tidak terjebak hoax.

Apa pandangan Anda tentang produk olahan susu dan bagaimana aturan konsumsi yang baik?

Karena saya mendapat pendidikan ala Barat, maka susu dan produknya menjadi salah satu perhatian utama. Jadi menurut saya selama menggunakan susu asli, bagus juga digunakan sebagai penunjang gizi masyarakat Indonesia.

Adakah daftar makanan tertentu yang terbukti menjaga kesehatan tulang?

Kecukupan kalsium, olahraga yang cukup dan tidur cukup dan teratur adalah kunci kesehatan tulang dan pertumbuhan tulang yang baik. Makanan yang mengandung banyak kalsium biasanya adalah susu, juga jeruk, sayuran berwarna hijau tua juga bisa digunakan. Susu soya yang tidak difortifikasi bukan alternatif sumber kalsium.

Apakah healthy power bar yang banyak dijual di pasaran benar-benar sehat? Bagaimana Anda melihatnya?

Biasanya ada 2 jenis power bar, 1 yang rendah energi dan 1 lagi yang high protein. Keduanya mempunyai kegunaannya masing-masing. Menurut saya selama digunakan mengikuti porsi dan jumlah yang disarankan, tidak ada masalah.

Sekarang orang bisa order makanan dengan mudah hanya melalui aplikasi online. Ada tips sehat agar kemudahan ini tidak menjadi kesulitan (gara-gara badan melar / dampak dari makanan yang tidak sehat)? 

Saya juga penggemar order makanan online. Hahaha… Paling penting adalah untuk tidak berbelanja online maupun offline saat lapar. Dan seperti memesan makanan di restoran, pilihlah yang memiliki banyak sayur, potongan daging yang rendah lemak dan tidak digoreng. Juga hindari minuman yang menggunakan gula tambahan.

Untuk para ibu bekerja di luar sana yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan sehat bagi keluarganya, apa yang bisa dilakukan agar asupan nutrisi keluarga tetap terpenuhi?

Food planning. Belanja lebih banyak sehingga cukup untuk beberapa hari, potong dan siapkan per kantong plastik dan bekukan. Pilih cara memasak yang mudah seperti menggunakan oven, slow cooker, rice cooker ataupun mesin presto yang tidak perlu ditunggu sehingga bisa mengerjakan yang lain.

Bagaimana caranya agar orang punya kebiasaan masak yang lebih sehat tanpa mengabaikan rasa?

Membiasakan diri sejak kecil untuk mempunyai standard rasa yang tidak terlalu asin dan manis. Cara paling penting adalah tidak memberikan gula dan garam pada anak di bawah usia 1 tahun. Terlalu banyak gula, garam dan MSG adalah permasalahan paling banyak saat memasak sendiri maupun di restoran. Juga mulai belajar memasak dengan tidak menggoreng, menggunakan lebih banyak rempah alami (bawang, kunyit, dll).

“Jangan jadikan berat badan Anda sebagai acuan kebahagiaan hidup Anda.”

Perlengkapan dapur / masak apa saja yang harus dimiliki yang mungkin berpengaruh terhadap pola makan sehat?

Untuk saya: oven listrik, rice cooker, presto (untuk menghindari goreng-goreng) dan wajan anti lengket (untuk mengurangi penggunaan minyak).

Sebagai seorang nutrisionis, apakah Anda selalu mengonsumsi makanan sehat bergizi setiap hari? Apa saja contohnya? Juga bagaimana dengan jadwal olahraga Anda untuk menjaga kebugaran, olahraga apa yang Anda lakukan?

Hahahaha… Tidak juga karena dalam hidup everything should be enjoyable termasuk dalam hal makan. Kalau olahraga 1 minggu sekali saya join pilates, sisanya di rumah mengikuti YouTube. Jadi fleksibel jenis exercise dan lama exercise-nya.

Bicara tentang Vallie Shoes. Biasanya bisnis sampingan seorang ahli gizi tidak jauh dari makanan sehat. Tapi Anda malah memilih sepatu wanita dan anak-anak. Kenapa?

Usaha sepatu ini sebenarnya untuk puteri saya biar bisa tampil matching & trendy bareng saya. Kalau usaha makanan, saya punya standard kehigienisan yang tinggi jadi sulit percaya kalau dilepas ke orang lain. Lebih baik jangan mulai dulu sebelum saya bertemu orang yang sama standardnya dengan saya.

Apa saran yang bisa Anda bagikan untuk memotivasi pembaca kami yang sedang berjuang menjadi lebih sehat dengan gaya hidup dan pola makan sehat? 

Listen to your own body. Jangan listen to your surroundings. Karena tubuh kita lebih tahu apa yang kita butuhkan tapi sering terabaikan karena stress maupun kesibukan tinggi. Jika masih ragu, coba lakukan beberapa aktivitas berbeda sehingga kita bisa menilai apa yang cocok dan kita suka. Begitu pula dengan diet. Ada yang cocok tidak makan nasi, ada juga yang cocoknya tidak makan daging merah misalnya. Semua kembali ke diri sendiri.

Informasi nutrisi dan makanan sehat serta kreasi menu ala Leona Victoria bisa diintip di akun Instagramnya @leonavictoria_ahligizi.