Randi Ferdiansyah: Doyan Kuliner Dan Kepo Dengan Ilmu Gizi Membawanya Menjadi Seorang Nutrisionis

Randi Ferdiansyah: Doyan Kuliner Dan Kepo Dengan Ilmu Gizi Membawanya Menjadi Seorang Nutrisionis

Randi Ferdiansyah adalah seorang ahli gizi muda yang aktif mengunggah berbagai tips dan informasi pengetahuan seputar diet dan nutrisi dengan gambar-gambar animasi yang menarik di Instagramnya, juga kegemarannya kulineran dan traveling.

Anda mungkin belum cukup mengenal sosok yang satu ini. Randi Ferdiansyah, S.Gz, seorang nutrisionis yang meraih gelar Sarjana S1 Ilmu Gizi-nya dengan penuh liku dan kegalauan namun pada akhirnya menikmati perannya untuk mendidik masyarakat agar sadar gizi dan hidup lebih sehat.

Selain saat ini bertugas di Puskesmas Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, ia pun eksis di Instagram dengan aktif mengunggah beragam tips dan informasi bermanfaat mengenai diet, pola makan sehat, pengaturan porsi dan masih banyak lagi, melalui gambar-gambar animasi yang lucu dan mudah dipahami.

Pernah gemuk saat masih remaja, pehobi kuliner, memasak dan traveling ini berulang kali menyebutkan perihal pola makan “isi piringku”. Hmm…apa ya itu? Langsung saja yuk simak bincang-bincang kami dengan penyuka ketoprak dan air putih ini.

Kenapa memilih menjadi ahli gizi / nutrisionis? Ada kisah atau latar belakang khususkah?

Kenapa memilih menjadi ahli gizi? Sebenarnya saya pun tidak terpikirkan, ngambil jurusan bidang kesehatan minatnya sih kedokteran tapi karena sudah tahu kemampuan sendiri sih sudah minder duluan. Hehehe…

Setelah lulus SMA saya sama seperti siswa pada umumnya yaitu bingung dalam mengambil jurusan perkuliahan apa untuk masa depan saya? Sehingga saya pun mengikuti semua ujian penerimaan mahasiswa mulai dari SNMPTN, Politeknik Kesehatan, Politeknik Negeri Lampung, dan lain lain. Setelah saya mengikuti ujian SNMPTN dengan memilih jurusan dan universitas secara acak tanpa tujuan dan minat sendiri (yang penting bisa kuliah), saya mengikuti ujian tes Politeknik Kesehatan Tanjung Karang, Lampung dan lagi-lagi saya juga masih di ambang kebingungan. Kemudian setelah melihat daftar jurusannya saya langsung memilah jurusan yang terhindar dari adanya pelajaran Fisika, dan jarum suntik (padahal pengen banget masuk kedokteran) lalu terbersitlah jurusan Farmasi karena jauh dari kata Fisika. Hehehe…

Karena pilihannya dua jurusan saya pun memilih Gizi karena sering lihat di TV tentang pembicaranya adalah seorang Dokter Gizi (padahal beda ya seorang Ahli Gizi dengan Dokter Gizi) yang sedang membicarakan tentang makanan dan sains (karena hobi saya juga kulineran. Hehehe), kemudian tanpa sadar saya terbalik memilih jurusan sehingga jurusan Gizi pilihan pertama dan Farmasi pilihan kedua.

Pengumuman SNMPTN pun keluar dan saya dinyatakan LULUS, lalu bagaimana perasaan saya? Senang atau sebaliknya? Jawabannya adalah saya sangat galau karena jujur saya memilih jurusan yang sama sekali saya tidak pahami dan minati sedikit pun. Akhirnya saya memutuskan untuk menunggu hasil pengumuman dari Politeknik Kesehatan. Pengumuman tes Politeknik Kesehatan pun keluar, karena berpikir pilihan pertama saya adalah Farmasi, di dalam daftar nama orang yang dinyatakan lulus nama saya tidak ada dan ternyata nama saya terdaftar di jurusan Gizi dengan pilihan pertama.

Saya pun terheran-heran serta yang paling mengagetkan lagi adalah nama saya termasuk dalam daftar “cadangan”. Sungguh hopeless dan sudah pasrah untuk mengambil hasil tes SNMPTN. Entah mengapa saya mulai kepo dengan jurusan Gizi karena ketertarikan saya di bidang kulinari yang dikaitkan dengan kesehatan serta terhindar dari Fisika dan jarum suntik ditambah lagi berita bahwa Indonesia sangat membutuhkan tenaga pendidik dan kesehatan yang membulatkan tekad saya untuk masuk jurusan Gizi sehingga dengan berat hati saya merelakan hasil dari tes SNMPTN tersebut dan memulai hari yang baru dengan mengikuti SNMPTN tahun depan dengan memilih jurusan Gizi.

Dering telepon pun berbunyi dari pihak Politeknik Kesehatan yang menyatakan bahwa saya dipanggil untuk tes psikotes dan seketika perasaan saya bersyukur banget, tapi alasan saya dipanggil karena banyak peserta yang gugur di tes psikotes sehingga peserta cadangan pun bisa mengikuti tes selanjutnya. Di situ sedikit galau tapi saya sangat yakin kalau ini adalah jalan terbaik pasti akan dipermudah dan benar saja saya dinyatakan LULUS hingga tes-tes selanjutnya dan sampai saat ini saya sudah dinyatakan sebagai Nutrisionis. Maaf jadi terlalu panjang curhatannya. Hehehe…

Sejak kapan punya ide untuk membagikan tips / info seputar diet dan nutrisi dengan gambar-gambar lucu di Instagram? Apakah artinya segmentasi Anda adalah anak-anak dan remaja?

Memutuskan untuk membagikan tips / info seputar gizi melalui Instagram sekitar sebulan yang lalu dan untuk sasarannya sendiri sebenarnya adalah semua umur, alasannya membuat gambar animasi untuk meningkatkan minat pembaca.

Apa saja kesalahan paling umum dalam hal diet / nutrisi yang masih sering Anda lihat di masyarakat?

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang sedang berdiet adalah “Instan”. Banyak sekali orang yang memutuskan untuk berdiet dalam penurunan berat badan tapi inginnya secara “instan”. Kata-kata “instan” inilah yang sering digunakan oleh produk-produk pelangsing untuk memikat konsumennya padahal penurunan berat badan secara instan dilihat dari segi kesehatan sangatlah tidak baik dan tidak dianjurkan. Bayangkan saja, kamu menjadi gemuk butuh dua sampai lima tahun dan kamu ingin mengembalikan berat badanmu dalam waktu satu bulan? Apakah adil? Jadi ubahlah kata “instan” menjadi “sabar”.

Apakah detoksifikasi juga merupakan bagian dari diet? Bagaimanakah detoks yang seharusnya?

Detoksifikasi adalah tindakan secara alamiah tubuh untuk membuang racun dalam tubuh dengan cara buang air kecil, besar, berkeringat dan bernapas. Diet yang bertujuan untuk detoks bisa kamu lakukan dengan cara berpuasa, perbanyak minum air putih, perbanyak makan sayur dan buah, serta berolahraga secara teratur. Sesungguhnya tanpa melakukan hal tersebut tubuh akan tetap melakukan detoksifikasi, tetapi dengan melakukan hal tersebut akan memaksimalkan detoksifikasi.

Anda kan juga doyan kulineran. Tapi apakah Anda juga memilih hanya makanan yang sehat saja serta menghitung kalorinya? Bagaimana pengaturan porsi yang baik?

Di saat saya ingin kulineran yang “enak-enak” (cheating day), biasanya saya melakukan intermittent fasting atau diet OCD-nya Deddy Corbuzier yaitu saya melakukan puasa dari pagi hingga waktu berbuka puasa sekitar jam dua siang. Saat waktu berbuka puasa saya boleh makan apapun sepuasnya tapi hanya diberi waktu empat jam, setelahnya saya mulai berpuasa kembali sampai besok pagi dan selama berpuasa hanya diperbolehkan minum air putih. Pola makan ini saya lakukan hanya seminggu sekali dan terkadang dua kali.

Selain hari cheating day saya melakukan pola makan “isi piringku” yaitu dalam satu piring setengah bagian piring berisikan sayur dan buah, seperempat bagian berisikan makanan pokok dan seperempat bagian lainnya berisikan lauk pauk. Agar lebih mudah diingat porsi nasi harus sama dengan porsi sayur dan porsi lauk pauk harus sama dengan porsi buah.

You’re What You Eat

Benarkah makanan organik kandungan nutrisinya lebih baik dari yang non organik?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof.Dr.Ir.Ali Khomsan,MS, beliau adalah seorang guru besar di bidang Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga dari Fakultas Pertanian IPB, menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara tanaman yang ditanam secara organik maupun an-organik, tetapi dari risiko tercemar pestisida makanan organik lebih rendah dari makanan an-organik.

Dua masalah kesehatan yang paling umum saat ini adalah diabetes dan hipertensi. Apa saran Anda agar terhindar atau (kalau sudah terkena) mengelola keduanya?

Cara untuk mencegah terjadinya diabetes mellitus dan hipertensi bisa dilakukan dengan pengaturan pola makan dan olahraga yang tepat. Pola makan seperti  pola makan “isi piringku” yaitu dalam satu piring setengah bagian piring berisikan sayur dan buah, seperempat bagian berisikan makanan pokok dan seperempat bagian lainnya berisikan lauk pauk. Agar lebih mudah diingat porsi nasi harus sama dengan porsi sayur dan porsi lauk pauk harus sama dengan porsi buah. Kenapa konsumsi sayur dan buah bagus untuk pengendalian tekanan dan gula darah? Karena sayur dan buah dapat menstabilkan tekanan dan gula darah serta dapat mencegah terjadinya hipertensi dan diabetes mellitus.

Penggunaan dan konsumsi gula, garam, minyak yang sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI yaitu empat sendok makan gula, satu sendok makan garam dan lima sendok minyak. Melakukan olahraga yang tepat adalah melakukan olahraga 15-30 menit sehari karena berbagai penelitian menunjukkan penurunan tekanan dan gula darah serta meningkatkan kinerja insulin pada penderita hipertensi dan diebetes mellitus.

Seberapa penting suplemen makanan dan mulai usia berapa orang bisa mengonsumsi suplemen?

Seberapa penting suplementasi gizi? Yaitu sesuai dengan kebutuhan, jika sudah terpenuhi dengan makanan sehari-hari (real food) maka tidak diperlukan suplementasi gizi. Sebagai contoh jika kamu ingin membentuk ototmu lebih besar (bulking)  dengan cara melakukan olahraga angkat beban yang intensif sehingga kamu membutuhkan asupan protein lebih banyak sebagai pemulihan otot dan mungkin asupan protein tidak bisa terpenuhi dengan real food karena ketersediaan bahan makanan yang kurang memadai atau sibuk, bisa kamu gunakan suplementasi gizi sebagai tambahannya, tapi harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka dari itu harus ada pengawasan dari seorang ahli gizi ataupun orang yang sudah paham di bidang gizi agar tidak berdampak pada kesehatan karena jika kelebihan asupan protein akan berdampak pada kerusakan ginjal.

Sebelum memilih suplementasi apa yang cocok, kamu harus kepo dulu ya dari segi keamanannya apakah sudah bersertifikasi dari BPOM dan HALAL (bagi yang muslim) dan apakah kamu mempunyai alergi terhadap protein susu sapi, jangan sampai lupa untuk memikirkan kesehatan ya.

Apa hal terbaik dan juga paling menantang dari profesi nutrisionis, serta apa yang ingin dicapai selanjutnya dalam karir?

Hal yang terbaik dan juga sebagai tantangan besar adalah dapat mengubah perilaku makan pasien menjadi lebih baik karena mengubah perilaku membutuhkan kesabaran dan waktu yang lumayan lama sehingga jika pasien bisa berhasil mengubah perilakunya menjadi lebih baik maka itu adalah kebanggaan dari seorang nutrisionis.

Pencapaian karir selanjutnya saya ingin melanjutkan pendidikan profesi gizi (Registered Dietitian) dan atau S2 Ilmu Gizi (jika ada yang berminat memberikan beasiswa. Hehehe), menjadi content creator yang merambah media audio visual yaitu YouTube karena di jaman serba digital ini membuat media edukasi melalui YouTube akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas.

Bersama teman-teman seperjuangan

Apakah Anda suka masak sendiri dan seperti apa pengaturan pola makan sehari-sehari seorang ahli gizi?

Dikarenakan saya seorang anak kos, jadi ketersediaan makan saya lebih sering adalah makanan warteg. Strategi makan sehatnya adalah melakukan pola makan “isi piringku” yaitu dalam satu piring setengah bagian piring berisikan sayur dan buah, seperempat bagian berisikan makanan pokok dan seperempat bagian lainnya berisikan lauk pauk. Agar lebih mudah diingat porsi nasi harus sama dengan porsi sayur dan porsi lauk pauk harus sama dengan porsi buah.

Bagaimana dengan rutinitas olahraga dan frekuensinya?

Olahraga yang efektif membakar kalori bagi orang yang memiliki kesibukan yang padat maka dapat melakukan olahraga ini yaitu High Intensity Interval Training (HIIT). Kenapa HIIT efektif membakar kalori? Karena untuk melakukan pembakaran kalori yang efektif terjadi di saat kondisi nadi kamu (200-umur/menit). Contohnya umur kamu 25 tahun, jadi 200-25 = 175x/menit. Jadi nadi melakukan pembakaran kalori yang efektif saat nadi kamu 175x/menit dan dengan HIIT sangat efektif melakukannya.

Gerakan HIIT bisa kalian lihat di YouTube. Sebagai contoh kamu melakukan tiap gerakan selama 20 detik dan setelah gerakan terakhir bisa istirahat 20 detik. Lakukan selama 5 kali siklus, HIIT ini dilakukan dalam waktu 10 menit tapi seperti berolahraga selama 1 jam, wow banget kan! Dan bisa kamu lakukan setiap hari. Dan perlu diingat, kenali kapasitas kamu. Kalau sudah capek dan sudah sampai batas limit kamu, diperbolehkan istirahat. Jangan sampai over training yak!

Pesan atau saran kesehatan / makan sehat seperti apa yang bisa Anda bagikan untuk pembaca kami?  

Sebagai penutup yang ingin saya sampaikan adalah jangan mudah tertipu dengan kata-kata “INSTAN” dan mulailah ganti kata-kata tersebut dengan kata “SABAR”, karena diet yang sehat dan benar adalah diet yang bisa kamu terapkan seumur hidup. Jika kamu sedang menjalani diet dengan rasa pedih dan menyakitkan serta membahayakan kesehatan berarti kamu sedang salah arah dan kembalilah ke diet yang sehat dan benar yaitu “isi piringku”. Kamu menjadi gemuk butuh dua sampai lima tahun dan kamu ingin mengembalikan berat badanmu dalam waktu satu bulan? Kamu sehat?

Yup, seperti kata Randi, inti dari diet adalah sabar. Karena biasanya diet yang instan itu hasilnya tidak bertahan lama, sedangkan yang dilakukan dengan sabar dan tekun biasanya membuahkan hasil yang sesuai harapan asal dietnya pun sehat dan benar. Nah, ingin coba berkonsultasi dengan Randi atau sekadar penasaran dengan postingannya? Langsung saja intip atau follow akun Instagram pribadinya di @randferdian.