Bali Buda: Menghadirkan Ragam Varian Makanan Sehat Yang Tak Melulu Sayuran

Bali Buda: Menghadirkan Ragam Varian Makanan Sehat Yang Tak Melulu Sayuran

Bali Buda adalah satu dari sekian banyak café di Bali yang menyediakan menu makanan sehat berbahan organik dan dengan pengolahan secara alami. Meski dikenal sebagai restoran vegetarian, namun tak semua bahan makanan di Bali Buda hanya terdiri dari sayuran dan buah-buahan, namun juga menghadirkan sajian dari daging sapi dan ayam, tentunya dengan kualitas yang juga sangat diperhatikan. Simak wawancara kami dengan Brenda Ritchmond, pendiri Bali Buda berikut ini.

Bali memang dikenal memiliki banyak tempat yang menunjang gaya hidup sehat seperti spa, studio kebugaran dan yoga, tak ketinggalan café atau restoran yang menyajikan menu makanan sehat pun bertebaran di berbagai wilayah di Pulau Dewata. Salah satunya adalah Bali Buda. Café yang mempersembahkan konsep makanan sehat organik dan alami ini selain menyediakan beragam menu vegetarian dan raw food yang biasa ditemukan di restoran sehat seperti healthy bowl, salad dan smoothie, juga menyediakan sandwich, produk bakery, burger, bahkan pizza hingga makanan tradisional khas Indonesia semisal soto ayam, gado-gado, nasi goreng dan lain-lain pun ada!

Jangan khawatir, tentu saja menu-menu ini tetap diolah dengan sehat dan alami menggunakan bahan-bahan pilihan terbaik yang bersumber dari produsen lokal sembari membantu menyejahterakan hidup para petani dan menyediakan akses edukasi bagi anak-anak mereka. Bagi Brenda Ritchmond, pendiri Bali Buda, melalui kekayaan alam nusantara Indonesia mereka mempunyai tekad tinggi untuk mengambil peran dalam membuat bumi sebagai tempat yang baik bagi generasi penerus. Berikut cuplikan wawancara kami dengan Brenda.

Brenda Ritchmond, founder Bali Buda

Sejak kapan dan bagaimana awal mulanya Anda tertarik dengan makanan organik / alami dan gaya hidup sehat serta apa yang membuat Anda memutuskan untuk membuka Bali Buda?

“Green Revolution” pada tahun 1970 yang sekaligus menandai awal penggunaan bahan kimia pada lahan pertanian memberi dampak negatif yang signifikan dalam segmen budaya, sejarah dan khususnya pertanian di Bali. Walaupun hal itu sudah berlalu, banyak para petani yang tidak menguasai cara bercocok tanam secara organik.

Berangkat dari keinginan saya untuk menghadirkan bahan pangan organik dan sehat untuk keluarga saya, muncul juga pertanyaan tentang: “Mengapa tidak juga menyajikannya kepada masyarakat?” Hal ini merupakan salah satu kontribusi saya untuk Indonesia yang lebih baik.

Hadir pertama kali pada tahun 1994, kami berusaha untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas yang aman dikonsumsi semua orang, termasuk mereka dengan kondisi kesehatan tertentu. Semua ini dilakukan sejalan dengan komitmen kami untuk terus menjaga potensi agrikultur Indonesia.

Setelah melakukan perjalanan ke Sulawesi Utara baru-baru ini, saya menyadari bahwa masih banyak potensi alam Indonesia yang belum dikembangkan dan dimanfaatkan secara maksimal. Menanggapi hal ini, saya ingin Bali Buda menjadi channel agar gaya hidup sehat dapat diakses oleh semua orang. Selain itu, kami juga ingin mendukung dan menginspirasi para produsen lokal untuk terus menghasilkan produk-produk berkualitas.

Tantangan apa yang Anda rasakan pada saat awal mendirikan Bali Buda?

Waktu kami baru buka Bali Buda perhatian terhadap pentingnya kesehatan terkait dengan makanan yang juga sehat sangat sedikit, apalagi di demografis lokal, sehingga yang menjadi pelanggan awal adalah banyaknya orang asing. Karena mayoritas orang asing datang musiman penjualan juga sesuai musim waktu itu. Seiring waktu orang kita juga mulai semakin peduli mengenai makanan yang menyehatkan dan ini membuat kami sangat bahagia karena tujuan jangka panjang Bali Buda adalah membantu menyebarkan pentingnya makan sehat di seluruh Indonesia.

Saat ini sudah semakin banyak tempat-tempat makan yang menawarkan makanan sehat dan organik khususnya di Bali. Apa konsep yang diusung Bali Buda yang membedakannya dengan restoran sejenis?

Bali Buda Café telah diatur sedemikian rupa untuk kenyamanan para pelanggan. Segarnya aroma bunga-bunga tradisional Bali ditambah dengan alunan musik yang menenangkan akan membuat pengalaman makan Anda menjadi lebih berkesan. Perabotan kayu yang antik, dinding batu bata, bantal pada setiap kursi, dan serbet batik menjadi pilihan Bali Buda sebagai interior. Anda juga dapat membeli barang-barang buatan tangan ini di Bali Buda.

Bali Buda sangat menghargai pentingnya “Human Connection”, sehingga kami tidak menyediakan Wi-Fi baik di area store maupun Café. Peralatan menggambar tersedia untuk siapapun yang ingin refreshing. Makanan kami selalu disajikan dengan segar, sehingga terkadang butuh lebih banyak waktu dalam penyajiannya. Anda juga selalu bisa mendapatkan “to-go food” di store kami. Tersedia banyak sekali pilihan produk yang lezat dan menarik yang sesuai dengan berbagai jenis pola diet.

Tidak hanya Bali Buda Café, Bali Buda Health Store pun menawarkan suasana yang unik dan berbeda dari supermarket pada umumnya. Aroma cengkeh, kayu manis dan rempah-rempah akan langsung menyambut ketika Anda melangkahkan kaki ke dalam store kami. Ditambah dengan aroma kue-kue homemade yang tersaji manis di dalam dulang tentunya adalah sesuatu yang tidak mungkin Anda lewatkan. Staff kami yang ramah dan selalu bersemangat akan dengan senang hati membantu Anda untuk menjamin pengalaman belanja yang menyenangkan. Dengan seragam Kebaya tradisional yang dikenakan oleh para staff, Bali Buda juga ingin membawa nilai-nilai nasional yang terkandung di dalamnya yaitu: Pelayanan, Kerendahan Hati dan GRACE.

Apa makna di balik nama Bali Buda? 

Dulu orang lain yang memang membuat nama Bali Buddha dan kami beli usaha tersebut, terus mengubah nama menjadi Bali Buda yang artinya hari Rabu di kalender tradisional supaya lebih umum, itu saja.

Menu apa yang paling banyak digemari pengunjung dan apakah Anda mengembangkan sendiri semua resep menu yang tersedia?

Kami terkenal sebagai restoran vegetarian tapi yang paling digemari adalah Chicken Burger, Buda Bowl Salad dan Tofu Cashew Curry. Ayam kami memang dibesarkan dengan ramuan jamu dan tidak diberikan hormon atau anti-biotik sehingga sangat aman untuk dikonsumsi dan rasanya memang enak. Tahu kami dibuat dari kedelai lokal yang non-GMO dan tanpa formalin. Semua resep memang dari kami sendiri, termasuk dari ibu dan nenek sendiri.

Kesehatan para pelanggan adalah fokus utama kami. Karena itu, Bali Buda terus melakukan perjalanan ke seluruh Indonesia untuk mendapatkan produk-produk terbaik untuk dihadirkan ke dalam dapur kami. Sebagai contoh, kami hanya menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun yang berkualitas. Kami juga menggunakan garam laut, nasi, kedelai dan jagung bebas GMO, yang diproduksi secara lokal dan organik. Kami juga mendukung cottage industries untuk membeli dari kami dan meng-“outsource” kepada keluarga sebagai pemasukan tambahan.

Menu apa yang secara pribadi menjadi favorit Anda di Bali Buda?

Saya suka seluruh menu Bali Buda karena kalau dibuat sesuai resep semuanya enak tapi saat ini saya lagi suka Fluffy Cassava Pancakes dan Mixed Grain Salad.

Restoran dengan konsep makanan sehat biasanya juga menerapkan konsep ramah lingkungan. Apa saja yang dilakukan Bali Buda untuk mendukung hal tersebut?

Upaya kami untuk menjaga lingkungan mulai dari saat membuka pintu dan memutuskan untuk mengupayakan pangan organik. Saat ini kami sudah membantu untuk mengembalikan lebih dari 40,000 hektar menjadi lahan organik. Selain itu kami juga bekerjasama dengan usaha recycling untuk daur ulang semua kemasan Bali Buda. Kami juga adalah yang pertama yang membuat tas dari koran bekas, tas kain, packaging take-away yang 100% bisa dikompos atau didaur ulang, memakai pipet dari kaca, dan sekarang menyediakan banyak pilihan untuk yang mau hidup minim sampah atau zero waste.

Selain Bali Buda, apa saja kegiatan lain yang aktif Anda lakukan terkait dengan kesehatan?

Selain menggerakkan komunitas organik, Bali Buda berkomitmen untuk mempraktikkan “Triple Bottom Line” sustainability dengan menjunjung tinggi integritas, ketulusan dan sustainability. Secara berkala, kami juga mendukung organisasi-organisasi non-profit. Beberapa diantaranya adalah: Bali Water Project, Bumi Sehat, Rumah Sehat Madani, Bali Children’s Project dan EcoBali Recycling. Mereka adalah bagian dari komunitas kami, lahir dengan visi yang sejalan dengan Bali Buda yaitu menciptakan dunia yang lebih baik.

Saya juga sangat peduli mengenai issue kelahiran dan bayi dalam kaitannya dengan gaya hidup sehat. Saya yakin bahwa gaya hidup sehat adalah faktor yang sangat penting untuk menghasilkan bayi yang sehat dan bahagia. Sebagai wujud kepedulian kami, Bali Buda mendukung dua klinik kelahiran melalui penyediaan sembako.

Bagaimana Anda melihat perkembangan minat masyarakat di Bali dan Indonesia pada umumnya terhadap kesadaran akan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan sehat?

Saya sangat senang melihat perkembangan masyarakat di sini soal gaya hidup sehat karena rupanya lumayan pesat, tapi karena banyaknya informasi yang beredar jadinya sering terjadi kebingungan harus ikuti yang mana. Kalau kami tidak mau ikuti salah satu trend kecuali yang tried and true, everything in moderation.

Apa makanan sehat yang paling sering Anda konsumsi dan rutinitas olahraga apa yang Anda lakukan sehari-hari? 

Karena usia saya sudah mulai lanjut saya suka olahraga yang gentle seperti Qi Gong, planking, renang dan jalan-jalan. Makanan yang saya paling sering konsumsi adalah Ashitaba dan Cocoa beans mentah, karena saya sangat suka dan juga sehat.

Sebagai seorang wanita, apakah Anda juga mempunyai rutinitas tertentu untuk merawat kecantikan?

Saya suka ke Spa sekali-sekali untuk PRP / vampire facial dan juga suka coba macam-macam krim seperti wanita biasa, tapi tidak lebih dari itu.

Ada update apa dari Bali Buda yang pembaca perlu ketahui?

Sejak tahun 2017 Bali Buda hadir dalam dua segmen yang berbeda. Segmen pertama ditujukan untuk kelas menengah ke atas yang fokus akan beragam superfood untuk mendukung gaya hidup sehat yang juga enak. Segmen kedua ditujukan untuk kelas menengah ke bawah dengan penyediaan sembako dengan harga terjangkau. Kami akan mempunyai 5 flag ship yang terletak di wilayah strategis sepanjang Indonesia dan sembako akan menjadi brand yang akan ada di supermarket nasional seluruh Indonesia.

Sebagaimana komitmen Bali Buda, ketika berbicara tentang cafe dan health store ini, pelanggan akan memvisualisasikannya sebagai sebuah perusahaan yang berkomitmen untuk mendukung gaya hidup sehat dan melakukannya dengan penuh cinta. Cinta terhadap bumi, dengan hanya menyediakan produk natural yang diperoleh dari Mother Earth dan komitmen akan sustainability. Pelanggan akan merasakan bukti cinta ini dalam komitmen Bali Buda untuk terus menjaga dan melindungi human nature, dengan originalitas, kebahagiaan dan ketulusan, yang akan membawa keajaiban ke dalam kehidupan.

Bali Buda

Ubud – Batubulan – Sanur – Bukit – Kerobokan – Canggu

http://www.balibuda.com/

 balibuda

 balibudacafe

Opening hours: 7 AM – 10 PM