Cantik Dan Bahagia Dengan Layanan Berkualitas Berbasis Teknologi Digital Pertama Di Klinik Estetika Dr. Affandi

Cantik Dan Bahagia Dengan Layanan Berkualitas Berbasis Teknologi Digital Pertama Di Klinik Estetika Dr. Affandi

Klinik Estetika dr. Affandi adalah klinik kecantikan pertama yang menyediakan layanan konsultasi online secara live melalui mobile apps dan yang pertama pula menyediakan layanan e-commerce bagi pasien-pasiennya.

Simak wawancara kami berikut ini dengan CEO Klinik Estetika dr. Affandi, dr. Hengky Nur Hidayat.

Siapa yang tidak ingin kulit yang sehat dan terawat.

Kini urusan kecantikan dan perawatan kulit seolah sudah menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban, baik wanita maupun pria.

Semakin banyak yang peduli merawat diri demi tampil lebih baik dan sempurna.

Tapi terkadang dengan kesibukan yang padat membuat seseorang tak punya waktu untuk memperhatikan kesehatan kulitnya, ditambah lagi terpaan sinar matahari, polusi, radiasi dari layar komputer atau gadget tentu menjadi beberapa faktor yang dapat merusak kesehatan kulit.

Karena itulah, di era digital ini, klinik kecantikan dituntut untuk berinovasi agar memudahkan pasiennya dalam berkonsultasi dan memberikan pelayanan yang optimal.

Salah satu klinik yang mengadopsi teknologi dalam pelayanannya adalah Klinik Estetika dr. Affandi.

Klinik yang sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun ini merupakan klinik kecantikan pertama yang menyediakan layanan konsultasi online secara live melalui mobile apps dan yang pertama pula menyediakan layanan e-commerce bagi pasien-pasiennya.

Dengan standar medis dan profesionalitas yang tinggi, Klinik Estetika dr. Affandi bahkan dua kali berturut-turut meraih penghargaan Indonesia Healthcare Most Reputable Brand 2014 dan 2015 dari Majalah SWA.

Hal ini tentunya semakin mengukuhkan nama Klinik Estetika dr. Affandi sebagai klinik yang terpercaya untuk menghadirkan kecantikan dan kebahagiaan bagi para pasiennya, sesuai dengan tagline “Beauty Outside Happy Inside”.

Simak wawancara kami berikut ini dengan CEO Klinik Estetika dr. Affandi, dr. Hengky Nur Hidayat, yang tak lain adalah putra dari Alm. dr. Moch. Affandi, founding father Klinik Estetika dr. Affandi.

dr. Hengky Nur Hidayat, CEO Klinik Estetika dr. Affandi, saat launching buku biografi dr. Moch. Affandi

Sejak kapan Anda merasa ingin mengikuti jejak Alm. Ayahanda dr. M. Affandi untuk menjadi dokter spesialis kulit dan mengapa?

Sebelumnya saya ingin menginformasikan bahwa dari 4 orang anak dr. Affandi, ada 3 orang yang menjadi dokter.

Kakak saya yang pertama menjadi insinyur, kakak saya nomor 2 menjadi dokter (dr. Diana N. Affandi SpKK, M.Kes) dan kakak saya nomor 3 juga menjadi dokter (dr. Yetti N. Affandi SpKK).

Sedangkan saya anak paling kecil (nomor 4). Untuk sekadar meluruskan, saya tidak mengambil khusus pendidikan dokter spesialis kulit.

Dalam hal ini saya selaku GP mengambil berbagai macam course yang spesifik mendalami hal-hal terkait perawatan kulit.

Keinginan untuk mengikuti jejak orangtua mulai muncul sejak kecil, karena sejak kami masih Sekolah Dasar sering dilibatkan oleh bapak di aktivitas beliau yang bersinggungan dengan medis.

Misalnya kami sering menjemput bapak yang bertugas di Rumah Sakit (kami melihat bagaimana dokter dan para perawat melayani pasien), mengikuti kegiatan pengobatan massal yang dilakukan oleh bapak dan teman-temannya dan banyak kegiatan terkait medis lainnya.

Saya tertarik karena melihat di situ seorang dokter bisa melayani orang lain yang membutuhkan perawatan, membantu menyembuhkan orang yang sakit.

Saya juga melihat bahwa profesi dokter bisa memberikan manfaat untuk orang banyak.

Jadi sebetulnya tidak spesifik di bidang perawatan kulit saja.

Hanya karena kebetulan bapak mendalaminya di bidang perawatan kulit, akhirnya kami bertiga menjadi tertarik di bidang perawatan kulit tersebut.

Mewarisi klinik kecantikan dari Ayahanda, bagaimana rasanya dan apa saja tantangan yang dihadapi?

Melanjutkan klinik perawatan kulit yang dirintis oleh dr. Affandi merupakan berkah sekaligus tantangan.

Berkah dalam artian kami memiliki kesempatan melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh orangtua dalam melayani pasien-pasien yang ingin memiliki kulit sehat dan terawat.

Tantangan dalam artian kami harus bisa memberikan yang terbaik bagi para pasien, sesuai dengan tagline Klinik Estetika dr. Affandi yaitu “BEAUTY OUTSIDE HAPPY INSIDE“.

Tugas kami adalah men-deliver HAPPINESS untuk pasien-pasien Klinik Estetika dr. Affandi.

Sebelum menjelaskan “tantangan” yang dihadapi, saya ingin menyampaikan corporate philosophy serta visi dan misi Klinik Estetika dr. Affandi, supaya bisa menjadi gambaran apa yang menjadi fondasi di Klinik Estetika dr. Affandi, serta apa saja yang ingin dicapai.

Corporate Philosophy Klinik Estetika dr. Affandi:

1. Memberikan manfaat untuk pasien

2. Memberikan manfaat untuk INSAN ESTETIKA

3. Memberikan manfaat untuk komunitas dan lingkungan sekitar

Visi:

To become the most admired skin-care company in Indonesia in delivering happiness experience

Misi:

• Memberikan solusi terbaik atas permasalahan kulit yang dihadapi oleh pasien

• Menciptakan dan memberikan formulasi produk perawatan terbaik bagi pasien

• Menyusun dan memberikan tindakan medis terbaik bagi pasien

• Memberikan solusi secara digital atas permasalahan kulit pasien

Tantangan yang dihadapi:

1. “Membaca” kebutuhan masyarakat di masa depan terkait dengan perawatan kulit.

2. Memenuhi kebutuhan dan harapan pasien yang terus berkembang seiring dengan kemajuan jaman.

3. Proses inovasi yang terus-menerus dilakukan untuk memberikan SOLUSI terbaik atas permasalahan yang dihadapi oleh pasien.

Apa kelebihan produk perawatan Klinik Estetika dr. Affandi dibandingkan dengan produk lain dari klinik sejenis?

Produk perawatan di Klinik Estetika dr. Affandi disusun secara customized berdasarkan standar dermatologi terbaik.

Produk perawatan di Klinik Estetika dr. Affandi sifatnya sangat spesifik (“tailor made”) bagi masing-masing pasien, dimana produk perawatan disusun berdasarkan keluhan dan kondisi kulit masing-masing pasien.

Klinik Estetika juga menyediakan fasilitas penginapan bagi pasien yang berasal dari luar kota Semarang.

Bagaimana ide tersebut berawal dan respon para pasien sejauh ini?

Ide tersebut muncul karena sekitar 32 tahun yang lalu dr. Affandi hanya praktek di Semarang (belum ada cabang di luar kota Semarang), sementara banyak sekali pasien yang datang dari luar kota.

dr. Affandi sangat concern dengan kenyamanan pasien-pasien yang berasal dari luar kota tersebut, sehingga akhirnya beliau membuat penginapan yang masih satu area dengan Klinik Estetika di Semarang.

Sejauh ini respon pasien sangat baik, karena dengan adanya penginapan tersebut akan sangat memudahkan bagi pasien luar kota yang hendak melakukan perawatan di Klinik Estetika dr. Affandi Semarang.

Bagaimana Anda menjaga standar kualitas produk dan mengembangkan inovasi?

Kami memiliki tim Research & Development serta Komite Medis yang dikepalai oleh dr. Diana N. Affandi Sp.KK dan dibantu oleh dr. Yetti N. Affandi Sp.KK  serta saya sendiri.

Tim ini bertugas untuk terus melakukan pengembangan sekaligus peningkatan kualitas atas produk perawatan dan layanan perawatan kulit di Klinik Estetika dr. Affandi.

Melalui tim ini dikembangkan produk-produk perawatan terbaru serta jenis-jenis treatment baru bagi pasien.

Saat ini Klinik Estetika dr. Affandi menghadirkan ESTETIKA SOLUTIONS bagi pasien-pasiennya.

ESTETIKA SOLUTIONS tersebut meliputi:

a. Acne solutions

b. Anti aging solutions

c. Hyperpigmentation solutions

d. Scar solutions

d. Brightening solutions

e. Teen skin solutions

f.  Hair solutions

Produk atau layanan apa saja yang paling banyak diminati pasien dan apa manfaatnya?

Produk perawatan yang paling diminati oleh pasien yaitu produk untuk meremajakan kulit, mencerahkan wajah, menghilangkan flek serta untuk menyembuhkan jerawat.

Layanan / treatment yang banyak diminati oleh pasien yaitu treatment yang bertujuan untuk meremajakan kulit.

Berbagai layanan dan konsultasi di Klinik Estetika dr. Affandi

Bicara mengenai inovasi dalam bidang teknologi, Klinik Estetika menyediakan layanan konsultasi online berupa photo consultation dan live video consultation.

Bagaimana prosesnya dan apakah ini berbayar?

Prosesnya sangat mudah:

a. Bisa melalui PC / tablet dengan mengakses www.klinikestetika.com

b. Mendownload aplikasi “KLINIK ESTETIKA MOBILE” di Google Play Store (bagi pengguna HP Android) atau di Apple Store (bagi pengguna HP iPhone).

Setelahnya pasien hanya perlu melakukan registrasi dan bisa langsung melakukan konsultasi dengan dokter.

Pengguna / pasien tidak dikenakan biaya alias GRATIS saat melakukan konsultasi dengan dokter melalui media ini.

Layanan ini tidak hanya menyediakan Konsultasi Dokter saja, karena setelah konsultasi secara online, maka dokter akan menuliskan resep produk perawatan.

Produk perawatan tersebut bisa langsung dibeli secara online.

Kami menyebut layanan ini dengan istilah b-Eauty Commerce (gabungan antara “Beauty” dan “e-commerce“).

Dengan adanya layanan ini sangat memberikan kemudahan bagi pasien yang sibuk, dimana pasien bisa melakukan konsultasi secara online (via “Photo Consultation” atau “Live Video Consultation”) dan membeli produk perawatannya juga secara online.

Setelahnya krim perawatan akan dikirim ke alamat pasien.

Apakah produk perawatan kulit Klinik Estetika bisa didapatkan secara bebas di toko-toko tertentu atau hanya bisa didapatkan melalui klinik saja?

Produk perawatan hanya bisa didapatkan di Klinik Estetika dr. Affandi dan di layanan b-Eauty Commerce kami yaitu www.klinikestetika.com.

Saat suatu produk kecantikan banyak dibicarakan, kemungkinan pemalsuan akan selalu ada.

Bagaimana menghindari risiko ini dan cara membedakan produk yang asli dan palsu / tiruan?

Risiko tersebut pasti ada, dan kami pun pernah menjumpai produk perawatan dari Klinik Estetika dr. Affandi yang dipalsukan.

Untuk meminimalisir risiko ini, kami memberikan edukasi kepada para pasien bahwa produk perawatan hanya bisa dibeli di cabang-cabang Klinik Estetika dr. Affandi dan di www.klinikestetika.com.

Untuk membedakannya cukup sederhana caranya, yaitu dilihat dari kemasannya (packaging) serta label yang tercantum di kemasan tersebut.

Sedangkan untuk pasien yang sudah pernah menggunakan produk kami akan bisa membedakan dari sisi konten / isinya, yaitu ada perbedaan pada warna, konsistensi / bentuknya dan baunya.

Apakah fasilitas / layanan perawatan kulit di Klinik Estetika juga tersedia semua di cabang lainnya?

Fasiltas dan layanan perawatan kulit di Klinik Estetika dr. Affandi memiliki standardisasi yang sama di semua cabang.

Pengalaman unik dan menarik apa yang Anda alami seputar menangani pasien?

Pengalaman yang cukup menarik yaitu bertemu dengan pasien usia 71 tahun tapi wajahnya terlihat jauh lebih muda ketimbang umurnya.

Pasien tersebut awalnya ditangani oleh (alm) dr. Affandi SpKK sekitar 23 tahun yang lalu (pasien mulai perawatan di usia 48 tahun) dan pasien tersebut masih teratur menggunakan krim perawatan Klinik Estetika hingga saat ini.

Saat pasien tersebut konsultasi dengan saya, kondisi kulitnya sangat sehat, kencang dan cerah.

Walaupun pasien tersebut usianya 71 tahun, tetapi orang menganggap beliau baru berusia 50 tahun.

Artinya dengan perawatan yang konsisten dan terus-menerus maka kulit kita akan tetap sehat dan wajah akan terlihat lebih muda.

Bagaimana Anda melihat antusiasme wanita Indonesia mengenai perawatan kulit dan kecantikan saat ini dan kira-kira apa yang akan menjadi tren di tahun 2019 ini?

Antusiasme perawatan kulit terus meningkat di kalangan masyarakat, tidak hanya pada wanita tetapi juga pada pria.

Ada 2 hal yang mempengaruhi peningkatan antusiasme tersebut, yaitu:

a. Adanya kesadaran bahwa kulit yang sehat adalah kebutuhan bagi setiap orang sekaligus “investasi” jangka panjang.

b. Tumbuhnya kelas menengah (middle class) di Indonesia.

Artinya akan semakin banyak orang yang menyisihkan sebagian dari income-nya untuk melakukan perawatan kulit.

Di tahun 2019 ini produk perawatan dan treatment “anti ageing” akan semakin meningkat.

Perawatan ini akan membuat orang terlihat lebih muda ketimbang usianya.

Metodenya bisa bermacam-macam, misalnya dengan laser, filler injection, threadlift (tanam benang) dll.

Apa yang paling membanggakan Anda selama menjabat sebagai CEO Klinik Estetika dr. Affandi?

Hal yang sangat membanggakan bagi saya adalah:

a. Melihat pasien berkunjung kembali ke Klinik Estetika dr. Affandi, artinya pasien-pasien tersebut merasa “happy” atas pelayanan yang kami berikan.

Hal ini sejalan dengan visi Klinik Estetika dr. Affandi, yaitu men-deliver happiness bagi pasien-pasiennya.

b. Melihat  “Insan Estetika “ (Insan Estetika adalah sebutan bagi kami semua anggota keluarga besar Klinik Estetika dr. Affandi) tumbuh dan berkembang bersama di dalam wadah Klinik Estetika dr. Affandi.

Tumbuh dan berkembang menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik, yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

dr. Hengky saat menerima penghargaan Indonesia Healthcare Most Reputable Brand 2014 dan 2015 dari Majalah SWA

Pesan atau saran kesehatan / kecantikan apa yang bisa Anda bagikan untuk pembaca kami? 

a. Kesehatan kulit adalah hal yang sangat penting untuk dijaga.

Sebagai organ tubuh yang paling luar, kulit sering terpapar banyak faktor yang bisa merusak seperti misalnya matahari, polusi udara dll.

b. Rawatlah kulit Anda sejak dini.

Jangan menunggu kondisi kulit bermasalah, baru mulai melakukan perawatan.

c. Gunakan produk perawatan kulit yang terpercaya dan telah teruji.

d. Lakukan perawatan kulit di dokter / klinik perawatan kulit yang telah terbukti reputasinya.

Klinik Estetika dr. Affandi saat ini memiliki berbagai cabang di beberapa kota besar seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan dan kota-kota lainnya yang dapat Anda lihat informasi selengkapnya di website Klinik Estetika dr. Affandi di https://klinikestetika.com/.