Mencicipi Menu Baru Di FIT Lokal, Ups, FIT Gourmet

Mencicipi Menu Baru Di FIT Lokal, Ups, FIT Gourmet

FIT Lokal, restoran sehat di bawah naungan The FIT Company dengan menu andalan konnyaku ini kini berganti nama menjadi FIT Gourmet dan bakal mengeluarkan beberapa menu baru di luar olahan konnyaku.

FIT Lokal + Slim Gourmet = FIT Gourmet.

Kira-kira begitu rumus rebranding dari nama FIT Lokal yang sudah kita kenal selama ini.

Bermula dari bulan Februari lalu saat akuisisi beberapa startup kesehatan lokal oleh The FIT Company salah satunya Slim Gourmet, penyedia katering sehat, sebagai bagian dari pengembangan ekosistem kesehatan yang terintegrasi, maka FIT Lokal pun menjelma menjadi FIT Gourmet.

Untuk mengawali brand baru ini, FIT Gourmet mengeluarkan sejumlah menu baru yang lebih luas disamping sajian konnyaku yang menjadi ciri khasnya.

Menurut Nova Eugenia, sang Co-founder sekaligus Chef, FIT Gourmet sendiri sebenarnya terdiri dari dua kategori layanan, yaitu katering sehat dengan menu-menu yang sudah tersedia seperti sebelumnya di Slim Gourmet, dan restoran sehat FIT Gourmet 2GO yang menggantikan nama FIT Lokal, dengan menu-menu yang tetap mengandalkan konnyaku sebagai bahan utamanya, ditambah dengan menu baru yaitu aneka salad.

Konsep kedepannya berupa prasmanan sehingga pelanggan bisa memilih sendiri base, sayuran dan protein yang tersedia untuk ditambahkan ke dalam mangkuk saladnya.

Ngomong-ngomong menu baru, ternyata berupa sajian lima jenis salad baik vegan maupun menggunakan protein hewani, yang diracik dengan bumbu khas Indonesia dan dressing yang lain dari salad biasanya, tentunya dengan kandungan kalori yang tetap terjaga, yaitu tidak lebih dari 500 kalori per porsi.

Nova mengatakan bahwa salad mereka bakal berbeda dengan sajian di salad bar pada umumnya dimana sayuran yang disajikan semuanya berupa sayuran segar dan mentah.

Sedangkan di FIT Gourmet, sebagian sayuran dihidangkan dengan sauteed (ditumis) terlebih dahulu.

Protein hewani yang digunakan pun tidak hanya dada ayam saja, tetapi juga ada sirloin steak, ayam guling (ayam panggang dengan bumbu khusus) dan tofu atau tahu untuk yang vegan.

Ide pembuatan menu-menu salad tersebut berasal dari eksperimen Nova sendiri, dimana ia sering mendapat inspirasi dari makanan-makanan yang ia coba dan kemudian mengkreasikan dan memodifikasinya sendiri.

Kami berkesempatan mencicipi tiga jenis menu salad yang menjadi highlight di FIT Gourmet yaitu Korean Dumpling Salad, FIT Caesar Salad dan Kale Salad, plus satu porsi konnyaku bites yang tergolong ke dalam snack. Berikut ulasan masing-masing.

Konnyaku Bites Mix

Sebelum mengawali yang segar-segar dengan salad, kami mencoba campuran snack ala FIT Gourmet yang terdiri dari potongan konnyaku, irisan terong serta jamur tiram dan champignon (jamur kancing) yang dilumuri tepung panko.

Sebelumnya kami sudah pernah mengulas tentang Konnyaku Bites namun saat itu tanpa tambahan terong dan jamur, yang bisa dibaca diĀ sini.

Tak jauh beda dengan sebelumnya, camilan khas FIT Gourmet ini sukses membuat lidah ketagihan.

Rasanya gurih namun ringan sedikit pedas berpadu dengan lembutnya terong dan jamur yang renyah seperti tempura.

Korean Dumpling Salad (461.4 kkal)

Ini dia menu pertama kami.

Semangkuk salad vegan yang terdiri dari selada romaine, kol merah, kol putih, charred baby corn, irisan wortel, edamame dan topping protein berupa dumpling berisi tahu yang sudah dihaluskan, dengan saus gochujang khas Korea yang bisa ditemukan di dasar mangkuk, plus taburan biji wijen di atasnya.

Tak ketinggalan di atas dumpling juga ditaburi bumbu khas Jepang furikake yang merupakan campuran nori seaweed dan biji wijen yang berfungsi sebagai pengganti MSG.

Dengan beragam bahan dalam seporsi hidangan ini, membuat menu Korean Dumpling Salad memiliki rasa yang kaya, ada manis, pedas, asam, dan gurih.

Loved this terutama dumplingnya!

FIT Caesar Salad (518.8 kkal)

Menu salad yang sudah dikenal banyak orang ini akan sedikit berbeda di tangan FIT Gourmet.

Tampilannya yang sederhana sesungguhnya tak beda jauh dengan pakem caesar salad pada umumnya, yaitu daun selada romaine, potongan putih telur rebus dan taburan croutons.

Yang membuatnya lain adalah dressing yang digunakan bukan dari mayones ataupun thousand island, melainkan dari garlic yogurt sehingga kalorinya lebih rendah dari caesar salad biasa, dan juga dilengkapi dengan sedikit taburan keju parmesan.

Selain itu crouton-nya juga dibuat sendiri dari roti baguette yang dioven sehingga menghasilkan tekstur yang sangat renyah dan tidak keras.

Selain dari telur, tambahan protein lainnya berupa irisan dada ayam yang dipanggang.

Untuk penggemar caesar salad, menu ini wajib dicoba!

Kale Salad (344.5 kkal)

Menu yang satu ini juga terlihat ramai dengan berbagai campuran.

Selain tentunya kale yang ditumis untuk menghilangkan rasa pahitnya, Kale Salad ini terdiri dari lolorosa, honey glazed carrots, roasted tomato, serta taburan almond flakes, raisin alias kismis, lalu ada juga sentuhan Indonesia berupa potongan keripik tempe yang dioven, tak lupa topping proteinnya yaitu ayam panggang suwir yang disebut dengan ayam guling, dan disiram dengan lemon vinaigrette dressing.

Dalam proses memasaknya, ayam guling ini menggunakan kelapa parut, jadi saat dimakan, seperti ada serundengnya.

Seluruh proses memasak di FIT Gourmet hanya menggunakan minyak wijen, minyak canola dan minyak zaitun, jadi sama sekali tidak menggunakan minyak kelapa sawit.

Seporsi Kale Salad ini rasanya tak kalah sedap dengan dua menu sebelumnya, segar, gurih, dan ada manis-manisnya dari kismis!

Sajian tersebut di atas dapat dinikmati dengan harga rata-rata Rp 64.500 dan saat tulisan ini dibuat, menu-menu baru ini baru tersedia di FIT Gourmet Kebayoran dan menyusul di Cipete.

FIT Gourmet Kebayoran adalah dapur utama yang kini melayani pemesanan makanan untuk layanan pesan antar.

Sementara untuk restoran FIT Gourmet, hanya tersedia di 4 lokasi yaitu Cipete, Senayan, Bintaro, dan Cideng.

Tak diragukan lagi, FIT Gourmet ingin semakin mengukuhkan eksistensinya di antara tren kuliner sehat yang kian menjamur belakangan ini, sebagai bagian dari wellness ecosystem bersama dengan saudara-saudaranya yang lain yaitu 20FIT, 20FIT Project, moveFIT by 20FIT dan juga FITMART.